ANALISIS KINERJA SALURAN DRAINASI PERUMAHAN PEJATEN MAS ESTAT

Restu Wigati, Listia Lailita

Abstract


Perumahan Pejaten Mas Estat merupakan salah satu perumahan yang ada di Kecamatan Kramatwatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah saluran drainase eksisting masih layak dan aman terhadap debit banjir maksimum periode ulang 5 tahun.

Analisa meliputi perhitungan hujan kawasan menggunakan rumus aljabar, analisa frekuensi untuk menentukan parameter statistik, penentuan distribusi probabilitas menggunakan Uji Chi-Kuadrat dan Uji Smirnov-Kolmogorof, penentuan debit banjir periode ulang 5 tahun menggunakan rumus rasional, dan peninjauan dimensi saluran eksisting.

Hasil analisa data diperoleh distribusi yang cocok yaitu Distribusi Gumbel dengan nilai debit banjir rencana yaitu 0.1691 m3/detik. Nilai tersebut lebih kecil dari debit saluran drainase sebesar 0.4365 m3/detik. Sehingga saluran drainasi di lapangan dengan lebar saluran 0.94 m dan tinggi saluran 0.90 m masih layak dan aman terhadap debit banjir periode ulang 5 tahun

Keywords


Saluran Drainasi, Debit Banjir Rencana, Kapasitas Saluran Drainasi

Full Text:

Docx


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v3i2.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft