NETWORK ANALYSIS PRODUKSIFUEL GAS FILTER DI PT. X MENGGUNAKAN METODE CPM

Kulsum ., Berry Nabil

Abstract


PT. x merupakan perusahaan yang bergerak dibidang fabrikasi workshop dan kontruksi yang berada di kawasan industri krakatau cilegon, Banten. Produk yang dihasilkan antara lain tower, pressure vessel dan lain-lain. Pada proses pengerjaannya PT. x sering mengalami keterlambatan material yang menyebabkan lamanya waktu pekerjaan dimulai sehingga tidak sesuai waktu yang ditentukan. Berdasarkan masalah yang terjadi, penelitian yang dilakukan ini akan berfokus pada analisa jaringan kerja di PT. x untuk mengetahui apakah PT. x ini telah menentukan lintasan kritis dalam pengerjaan proyek sehingga dapat menghitung dan mendapatkan keuntungan dengan menyelesaikan proyek denganwaktu yang optimal dan pengelolaan manajemen proyek. Penelitian ini menggunakan metode Critical Path Method (CPM) yaitu metode yang mengasumsikan umur proyek bisa dipersingkat dengan penambahan sumber daya, peralatan, modal untuk kegiatan kegiatan tertentu. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu pada kondisi awal dengan durasi kerja 37 hari dengan biaya proyek Rp. 77.056.200,- namun terancam terkena pinalty sebesar 5% dari nilai proyek, sehingga dilakukan crashing menjadi 30 hari dengan biaya Rp82.521.650,- sehingga perusahaan mendapat keuntungan dan terhindar dari penalty dan kekecewaan pelanggan

Keywords


Manajemen Proyek, Critical Path Method (CPM), Network Analysis

Full Text:

Docx


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v3i2.1635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft