EFEKTIFITAS PENERAPAN SUMUR RESAPAN DALAM MEREDUKSI BEBAN ALIRAN LIMPASAN PERMUKAAN SUB DAS CISIMEUT SEBAGAI UAPAYA PENGELOLAAN BANJIR

Restu Wigati, Andi Cahya Setiawan

Abstract


Curah hujan yang tinggi dalam kurun waktu yang singkat serta minimnya daerah resapan air di wilayah Sub DAS Cisimeut yang hanya 11,34% mengakibatkan limpasan air hujan meningkat dan pengisian air tanah berkurang. Salah satu usaha untuk menanggulangi hal tersebut adalah penerapan sumur resapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektifitas sumur resapan dalam mereduksi beban aliran limpasan permukaan di wilayah Sub DAS Cisimeut sebagai upaya pengelolaan banjir.

Metode yang digunakan untuk perencanan sumur resapan adalah metode Sunjoto dan metode SNI 03-2453-2002dengan dimensi 1,5 m dan kedalaman 3 m. Dari hasil analisis didapat jumlah sumur dengan menggunakan metode Sunjoto untuk alternatif reduksi limpasan permukaan 25%, 50%, dan 75% masing-masing adalah 246953 buah, 493905 buah, dan 741194 buah dengan waktu isi dan resap satu buah sumur adalah 16,5 jam dan 18,87 jam. Sedangkan dengan menggunakan metode SNI 03-2453-2002 untuk alternatif I,II, dan III masing-masing adalah 53 buah, 106 buah, dan 158 buah dengan waktu isi dan resap satu buah sumur adalah 8,495 jam dan 8,33 jam. Berdasarkan kedua metode tersebut, dipilih metode Sunjoto untuk perencanaan sumur resapan di wilyah Sub DAS Cisimeut karena dalam perhitungannya menggunakan debit banjir dan waktu konsentrasi yang dihitung berdasarkan analisis hidrologi.

Dari perhitungan sumur resapan menggunakan metode Sunjoto, waktu isi dan resap sumur yang terlalu lama membuat perencanaan sumur resapan di wilyah Sub DAS Cisimeut menjadi kurang efektif untuk mereduksi beban aliran limpasan. Hal ini disebabkan karena jenis tanah dan nilai permeabilitasnya yang rendah. Oleh karena itu alternatif lain untuk mereduksi beban aliran limpasan akan direncanakan sebuah kolam retensidengan panjang 1.250 m, lebar 1.250 m, kedalaman 5 m dan tinggi jagaan 3 m untuk kapasitas pompa 5 m3/dt. Sedangkan untuk kapasitas pompa 10 m3/dt dimensinya adalah panjang 1.150 m, lebar 1.150 m, kedalaman 5 m dan tinggi jagaan 3 m

Keywords


curah hujan, permeabilitas, sumur resapan, kolam retensi

Full Text:

Docx


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v3i1.1712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft