PERENCANAANPONDASI BORED PILEPADA PROYEK PEMBANGUNANCENTRAL NATURAL GAS (STUDI KASUS STASIUN GAS INDUK PERTAMINA BITUNG-TANGERANG)

Enden Mina, Rama Indera Kusuma, Muhammad Fadhil Choliq

Abstract


Studi perencanaan pondasi bored pile ( tiang bor) dilakukan pada proyek pembangunan CNG Mother and Daughter Station berlokasi di Bitung Tangerang. Pondasi tiang bor pada proyek ini direncanakan untuk menahan beban kompresor gas.Tujuan dari studi ini adalah menghitung daya dukung kelompok pondasi tiang   bor  dan  penurunannya. Serta merencanakan pile cap dan pondasi tiang bor dengan merencanakan dimensi dan kebutuhan tulangan yang dibutuhkan. Metode-metode  yang   digunakan  dalam penelitian ini adalah metode Meyerhof dengan data hasil Standar Penetration Test (SPT) dan metode Skempton dan O’neil Reese dengan data properties tanah hasil uji laboratorium. Hasil analisis dibandingkan juga dengan menggunakan software GEO5 v.17. Hasil analisis perhitungan daya dukung pondasi tiang bor menunjukan  bahwa  daya  dukung  kelompok  tiang   berdasarkan Meyerhof untukadalah 272,78 ton dengan SF = 5,65 dan penurunannya 0,67cm, berdasarkan Skempton dan O’neil and Reese dengan data hasil uji laboratorium adalah 321,664 ton dengan SF=6,67 dan penurunannya 1,176cm, dan berdasarkan program GEO5 v.17 adalah 716,543 ton denganSF= 6,24 dan hasil penurunannya1,09cm. Analisis perhitungan tahanan beban lateral pondasi tiang bor menghasilkan  tahanan beban lateral pada tiang kelompok didapat 65,911 ton dengan defleksi tiang kelompok 0,00355 cm. Rencana Penulangan dan dimensi pile cap diperoleh dimensi pile cap 2,6 m x 7 m x 0,85 m dengan tulangan tarik sebesar D22-100 dan tulangan tekan sebesar D19-100 dengan jarak sengkang sebesar 250 mm dan dimensi tiang bor diameter 0,4 m dengan tulangan longitudinal tekan lentur sebesar 8 D19, serta tulangan geser (sengkang spiral) sebesar D19-150

Keywords


Tiang bor, daya dukung, penurunan, beban lateral, pile cap

Full Text:

Docx


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v3i1.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft