PERENCANAAN BETON MUTU TINGGI MENGGUNAKAN PORTLAND COMPOSITECEMENT DENGAN PENAMBAHAN WATER REDUCER C491

Zulmahdi Darwis, Muhammad Gilang Prabowo

Abstract


Teknologi dalam bidang konstruksi terus menerus mengalami peningkatan, dalam bidang konstruksi peningkatan tersebut mengarah kepada penggunaan beton mutu tinggi. Perkembangan teknologi dalam bidang pembuatan beton mutu tinggi mengakibatkan perkembangan pada material bahan pembentuk beton diantaranya  adalah semen. Produksi semen telah mengalami pergeseran dari OPC menjadi PCC (portland composite cement) dan PPC (Portland pozzolan cement). PCC dan PPC merupakan semen dengan karakteristik teknis hampir setara semen tipe I (OPC) serta penggunaan bahan tambah water reducer. Metode penelitian ini yaitu dengan membandingkan penggunaan kadar water reducer dengan persentase 0.8%, 1.2%, 1.6%, 2% perberat semen. Water reducer yang di gunakan pada  penelitian ini adalah bahan Ligno C 491. Hasil penelitian ini rata – rata kuat tekan beton pada umur 28 hari menggunakan bahan tambah C491 dengan persentase 0,8 % sebesar 37,180 Mpa dan merupakan nilai tertinggi sedangkan nilai kuat tekan rata- rata pada  penggunaan persentase 1,2 % sebesar 33,89 Mpa, nilai kuat tekan rata- rata pada  penggunaan persentase 1,6 % sebesar 32,107 Mpa dan nilai kuat tekan rata- rata pada   penggunaan persentase 2% sebesar 30,203 Mpa. Penggunaan water reducer lingo C491 dapat mengurangi penggunaan air pada persentase zat aditif 0.8% sebesar 2.11%, pada persentase zat aditif 1.2% sebesar 3.175%, pada persentase zat aditif 1.6% sebesar 4.23% dan pada persentase zat aditif 2% sebesar 5.29% air yang dapat dikurangi

Keywords


Beton Mutu Tinggi, Kuat Tekan Semen PCC, Water Reducer C491

Full Text:

Docx


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v3i1.1720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft