ANALISIS KINERJA OPERASIONAL TERMINAL (STUDI KASUS TERMINAL SAMARINDA SEBERANG)

Triana Sharly P Arifin, Dwi Esti Intari, Safrilah .

Abstract


Terminal Samarinda Seberang adalah satu – satunya terminal yang bertipe A di Kota Samarinda. Kondisi ini membuat fasilitas – fasilitas yang di Terminal Samarinda Seberang menjadi sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja operasional terminal di Terminal Samarinda Seberang saat ini.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah survei langsung di lapangan untuk data primer yaitu dengan cara mencatat plat nomor kendaraan bus dan kendaraan pengunjung di pintu masuk dan pintu keluar serta mencatat jumlah penumpang, barang dan pengunjung. Pengambilan data dilakukan selama tujuh hari dengan durasi waktu 8 jam setiap harinya.
Berdasarkan hasil analisa karakteristik yang telah dilakukan, diperoleh volume bus tertinggi sebesar 9 kendaraan dan jumlah penumpang tertinggi sebesar 162 selama seminggu. Persentase penggunaan ruang parkir di Terminal Samarinda Seberang masih cukup untuk parkir pengunjung. Hal ini menunjukan bahwa
hasil perhitungan karakteristik terminal sangat cukup akan tetapi berdasarkan hasil survei yang ada Terminal ASamarinda Seberang belum berfungsi sesuai tipe dan fungsinya


Keywords


Karakteristik Terminal, Kinerja Operasional Terminal, Terminal Tipe A Samarinda, Terminal Samarinda Seberang

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v6i2.2428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Jurnal Fondasi by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft