ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG BERDASARKAN DATA UJI STANDARD PENETRATION TEST (SPT) DAN DATA UJI CONE PENETRATION TEST (CPT) (Studi kasus proyek Apartemen Maqna Residence Kebon Jeruk - Jakarta)

Enden Mina, Rama Indera Kusuma, Lambok Rumiris Gultom

Abstract


Setiap bangunan memilki pondasi sebagai dasar bangunan yang kuat dan kokoh. Hal ini disebabkan pondasi sebagai dasar bangunan harus mampu memikul seluruh beban bangunan dan beban lainnya. Perencanaan pondasi pada proyek ini di desain dengan menggunakan tipe pondasi tiang pancang yang merupakan jenis pondasi dalam.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kapasitas daya dukung pondasi tiang pancang secara manual menggunakan data Standard Penetration Test (SPT) pada tititk B6 dengan metode Reese & Wright dan metode Meyerhof, dan juga menggunakan data Cone Penetration Test (CPT) pada titik S5 dengan metode Schmertmann & Nottingham dan Meyerhof. Penelitian juga menganilisa menggunakan software Geo5 v.18 pada data Cone Penetration Test (CPT).
Hasil analisa manual untuk tiang tunggal data SPT dengan metode Reese & Wright didapatkan nilai Qult sebesar 3726,2 kN dengan nilai SF sebesar 3,3 dan metode Meyerhof didapatkan nilai Qult sebesar 3583,04 kN dengan nilai SF sebesar 3,2. Analisa manual untuk tiang tunggal data CPT dengan metode Schmertmann & Nottingham didapatkan Qult sebesar 2348,78 kN dengan nilai SF sebesar 2,3 dan metode Meyerhof didapatkan nilai Qult sebesar 2414,8 kN dengan SF sebesar 2,4. Hasil analisa program Geo5 v.18 dengan metode Schmertmann pada pondasi data CPT untuk tiang tunggal didapatkan nilai Qult sebesar 4767,26 kN dan nilai SF sebesar 4,24.

Keywords


Tiang pancang, daya dukung, standard penetration test, cone penetration test.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v7i2.4072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft