Analisis Karakteristik Marshall Pada Laston AC-BC Dengan Penggunaan Bahan Zeolit Sebagai Filler

Hermon Frederik Tambunan, Febi Pitriani

Abstract


Perencanaan jalan raya harus menggunakan perkerasan jalan yang memiliki stabilitas yang cukup untuk memikul beban lalu lintas.Perkerasan jalan yang biasanya sering digunakan di Indonesia adalah campuran lapis aspal beton (Laston) atau sering disebut Asphaltic Concrete (AC).Material yang sering digunakan sebagai filler pada campuran lapis aspal beton adalah semen, kapur dan abu batu, karena material tersebut sering digunakan sehingga semakin mahal. Untuk itu, perlu ada inovasi baru menggunakan alternatif bahan lain sebagai filler.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh penggunaan bahan zeolit terhadap karakteristik parameter Marshall pada lapis Asphaltic Concrete Binder Course (AC-BC). Metode penelitian ini menggunakan kadar filler zeolit dan semen masing -masing sebesar 6% dengan 5 variasi kadar aspal yaitu 4,5%, 5%, 5,5%, 6% dan 6,5% menggunakan suhu 160°C dan suhu 135°C.

Dari hasil penelitian karakteristik Marshallsuhu 160°C menggunakan filler semen sebesar 6% pada KAO 5,25%  nilai stabilitas sebesar 1370 kg dan nilai flow sebesar 4,34 mm, hasilkarakteristik Marshall suhu 160°C menggunakanfiller zeolit sebesar 6% pada KAO 6,25% nilai stabilitas sebesar 1585 kg dan nilai flow sebesar 3,9 mm sedangkan pada suhu 135°C menggunakanfiller zeolit sebesar 6% pada KAO 6,35% nilai stabilitas sebesar 1180 kg dan nilai flow sebesar 3,6 mm namun nilai VIM didapatkan sebesar 6,05% dan VFA sebesar 66,5%.


Keywords


Laston AC-BC, Zeolit, Karakteristik Marshall, Campuran Aspal

Full Text:

PDF

References


ASTM C-128 Standart test method for materials, Specific gravity and absorbtion of coarse aggregate, Annual Book of ASTM Standards, USA, 2002.

Dur, Sajaratud. 2018. Zeolite Processing As Heavy Material. Jurnal Sains Matematika dan Terapan. 1(2): 33- 45.

EAPA (European Asphalt Pavement Association). 2010. The Use of Warm Mix Asphalt. Belgia.

Krebs, RD and Walker, 1971.Highway Material.Mc Graw Hill.

Nurani, Puri. 2015. Pengaruh Penambahan Zeolit Alam Terhadap Karakteristik Campuran Warm Mix Asphalt.

Petunjuk Lapis Aspal Beton (Laston) untukJalan Raya, Bina Marga (SKBI-2.4.26.1987), Jakarta.Dirjen Bina Marga.

SpesifikasiDivisi 6 Seksi 6.3 CampuranAspal Panas. Direktorat Jenderal Bina Marga. Kementerian Pekerjaan Umum.

Sudarsono, DU. 1987. Konstruksi Jalan Raya Cetakan ke 4.YBPPU.

Sukirman, Silvia. 2003. Beton Aspal Campuran Panas. GrafikaYuanaMarga : Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v8i2.6661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft