Analisis Risiko Biaya Dan Waktu pada Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Atas Proyek Gedung Bertingkat Tinggi (Studi Kasus: Proyek Bangunan Gedung Bertingkat Tinggi di DKI Jakarta dan Sekitarnya)

Andi Maddeppungeng, Desdiani Desdiani, Rikza Afa Aditya

Abstract


Pengelolaan risiko pada proyek konstruksi gedung bertingkat tinggi sangat penting dilakukan. Dikarenakan proyek bangunan gedung bertingkat tinggi dapat dikatakan memiliki risiko tinggi karena bobot pekerjaan dan tingginya struktur yang akan dibangun. Semakin tinggi gedung yang akan dibangun, maka semakin tinggi pula tingkat risiko pekerjaannya. Maka dari itu, risiko dari suatu kegiatan proyek khususnya gedung bertingkat tinggi perlu dikelola dengan tepat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori. Sebuah penelitian eksplanatori merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian dengan pengujian hipotesis. Di dalam penelitian eksplanatori, pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuisioner. Untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan proses analisis hirarki dibantu dengan SPSS ver. 25 dan Ms. Excel 2016

Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Terjadinya Angin Kencang” (X3) menjadi risiko paling dominan terhadap kinerja biaya dan waktu pelaksaan pekerjaan struktur atas proyek gedung bertingkat tinggi. Dengan pengaruh terhadap biaya yaitu adanya biaya tambah akibat pekerjaan yang tertunda, dan pengaruh terhadap waktu yaitu terjadinya penambahan waktu pelaksanaan dikarenakan beberapa pekerjaan luar ruangan harus tertunda

Keywords


Gedung, Risiko, Proses Analisis Hirarki

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v8i2.7347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft