Analisis Regresi Multivariate Principle Component Atas Efektifitas E-Tol Dan Kualitas Pelayanan Tol Terhadap Kepuasan Konsumen Jalan Tol Di Serang

Hany Azza Umama, Nurhayani Nurhayani, Anggit Brilianti

Abstract


This research is an explanatory research that highlights the relationship between research variables and testing hypotheses that have been formulated previoustly by using a sample of 100 people in 4-wheeled vehicle users who often use toll road facilities in the Banten area. Multiple linear regression analysis was used in analyzing the relationship of variables in the study.

Based on the results of the analysis, it is known that the effectiveness of the Banten e-toll area, the quality of toll services and the satisfaction of customers of toll road users are considered to be quite good by respondents. The results of partial regression analysis found that the effectiveness of e-toll has significant effect on customer satisfaction at 0.502, while the quality of toll service has a significant effect of 0.528. Simultaneoustly the e-toll effectiveness and service quality have a significant influence.


Keywords


E-Toll Effectiveness; Toll Service Quality; Consumer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Amalia, Gita Putri dan Eva Hany Farida. 2018. Efektifitas Electronik Toll )E-Toll oleh PT. Jasa Marga Surabaya (studi Pada Gerbang Tol Otomatis Surabaya-Gempol). jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Amalia, Gita Putrid dan Eva. 2017.jurnal mahasiswa.unesa.ac.id. Efektivitas Electronic Toll (E-Toll) oleh PT Jasa Marga Surabaya. Vol 5 no 2

Cronin, J.J dan Taylor, S.A .1992. Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, Juni (56):55-68

Gembala,Putra. 2013. Pengertian Efektifitas dan efisiensi. antarberita.blogspot.com

Hendry. 2014. Konstanta Negatif…Bagaimana?. http://teorionline.wordpress.com

Henry. 2012. Populasi dan Sampel. teorionline.net

Hidayat, Anwar. 2017. Tutorial Cara Uji Validitas Dengan SPSS-Validitas Instrumen. https://www.statistikian.com

Kabar Banten. 2018.PT MMS Selesaikan Keluhan Pengguna Tol. http://www.kabar-banten.com

Kartikasari,Dwi dan Dea Ariesta Syafitri.2016. Efektifitas Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada Toko Obat Dewi Farma. www.P2m.polibatam.ac.id

Kotler, P. (1995). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Ma’ruf, Henry . 2007. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Mayasila,Eka. 2012. Teori Pelayanan. https://emayasila.wordpress.com

Nababan, Christine Novita. 2017. YLKI: e-TollnGagal Pangkas Waktu Transaksi. http://m.cnnindonesia.com

Panjaitan, Januar Efendi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen Vol.11 No.2 September 2016. https://ojs.uph.edu

Parasuraman, A., V.A. Zeithalm dan L.L. Berry. 1998. SERVQUAL: A Multiple Item Scale Of MeasuringConsumer Perception of Service Quality, Hal 64, Jurnal Of Retailing

Purnamasari, Dinda. 2017. Survei: 24 Persen Warga Jabotabek Tak Setuju Wajib E-Toll. http://tirto.id

Purnamasari, Dinda. 50,90% Masyarakat Khawatirkan Penggunaan Data E-Money. https://tirto.id. 26 Oktober 2017

Raharjo, Sahid (2019). Tutorial Uji Heteroskedastisitas Dengan Glejser SPSS. http://spssindonesia.com

Raharjo, Sahid. 2019. Uji Multikolinearitas Dengan Melihat Nilai Tolerance dan VIF SPSS. https://www.spssindonesia.com

Rezi, Erick. 2018. Perbedaan Efektif dan efisien Menurut Beberapa Ahli ekonomi. http://perbedaanterbaru.blogspot.com

Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian, Faktor dan Pengukuran Kepuasan Konsumen. http://www.kajianpustaka.com

Satriotono, Dicky. 2011. Efektifitas Layanan Jalan Toll Kota Semarang D alam Memenuhi Kebutuhan Pengguna. eprints.undip.ac.id>dicks_Thesis_Final

Sujarweni, V. Wiratna.2014. Spss Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sutrisno, Edy. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Teguh, et al. 2003. Analisis Hubungan Efektifitas Iklan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Carefour Mega Mall Pluit. www.binus.ac.id .

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI

Utami Evayani. 2018. Analisis Hubungan Efektifitas Iklan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Carrefour Mega Mall Pluit. http://www.researchgate.net

Waluyo. 2007. Manajemen Publik, Konsep, Aplikasi dan Implementasinya Dalam Otonomi Daerah. Jakarta: Mandar Maju

Wardani, Tri Ulfa. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Repository.uinsu.ac.id

Wibowo, Tri. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT JNE. eprints.ums.ac.id

Widiyaningsih, Anita. 2015 Pengaruh efektifitas Website Traveloka terhadap Kepuasan Kebutuhan Informasi Harga Promosi Tiket Pesawat. www.repository.fisip-untirta.ac.id

Winarto, Chryseis Ivana dan Wilma Laura Sahetapy. 2019. Pengaruh E-Toll card mandiri dan efektifitasnya terhadap kepuasan pelanggan e toll card mandiri di Surabaya. Agora Vol.7, No. 1. publication.petra.ac.id

Wiryawan, Dedik. 2017. Pengaruh Efektifitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pelabuhan Speedboat Kayan ll Tanjung Selor. AKUNTABEL ISSN Print:0216-7743 ISSN Online:2528-1135. HTTP://www.researchgate.net

Wu et al. (2011). The Effect of Store Image and Service Quality on Brand Image and Purchase Intention for Private Label Brand:AMJ. Australian marketing Journal. Vol 19 (1): 30-39

Wulandari dan Helman. Analisis Efektivitas Pelayanan Antrian pada Gardu Tol Otomatis dan Gardu Tol Reguler. Iib.ui.a.id.2013




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v11i2.6065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Jakarta KM. 4 Pakupatan Serang, Banten

Telp/Fax (0254) 280330

E-mail: jsm@untirta.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis. All rights reserved.