Analisis Regresi Multivariate Principle Component Atas Efektifitas E-Tol Dan Kualitas Pelayanan Tol Terhadap Kepuasan Konsumen Jalan Tol Di Serang
Abstract
This research is an explanatory research that highlights the relationship between research variables and testing hypotheses that have been formulated previoustly by using a sample of 100 people in 4-wheeled vehicle users who often use toll road facilities in the Banten area. Multiple linear regression analysis was used in analyzing the relationship of variables in the study.
Based on the results of the analysis, it is known that the effectiveness of the Banten e-toll area, the quality of toll services and the satisfaction of customers of toll road users are considered to be quite good by respondents. The results of partial regression analysis found that the effectiveness of e-toll has significant effect on customer satisfaction at 0.502, while the quality of toll service has a significant effect of 0.528. Simultaneoustly the e-toll effectiveness and service quality have a significant influence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Gita Putri dan Eva Hany Farida. 2018. Efektifitas Electronik Toll )E-Toll oleh PT. Jasa Marga Surabaya (studi Pada Gerbang Tol Otomatis Surabaya-Gempol). jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Amalia, Gita Putrid dan Eva. 2017.jurnal mahasiswa.unesa.ac.id. Efektivitas Electronic Toll (E-Toll) oleh PT Jasa Marga Surabaya. Vol 5 no 2
Cronin, J.J dan Taylor, S.A .1992. Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, Juni (56):55-68
Gembala,Putra. 2013. Pengertian Efektifitas dan efisiensi. antarberita.blogspot.com
Hendry. 2014. Konstanta Negatif…Bagaimana?. http://teorionline.wordpress.com
Henry. 2012. Populasi dan Sampel. teorionline.net
Hidayat, Anwar. 2017. Tutorial Cara Uji Validitas Dengan SPSS-Validitas Instrumen. https://www.statistikian.com
Kabar Banten. 2018.PT MMS Selesaikan Keluhan Pengguna Tol. http://www.kabar-banten.com
Kartikasari,Dwi dan Dea Ariesta Syafitri.2016. Efektifitas Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada Toko Obat Dewi Farma. www.P2m.polibatam.ac.id
Kotler, P. (1995). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Ma’ruf, Henry . 2007. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Mayasila,Eka. 2012. Teori Pelayanan. https://emayasila.wordpress.com
Nababan, Christine Novita. 2017. YLKI: e-TollnGagal Pangkas Waktu Transaksi. http://m.cnnindonesia.com
Panjaitan, Januar Efendi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen Vol.11 No.2 September 2016. https://ojs.uph.edu
Parasuraman, A., V.A. Zeithalm dan L.L. Berry. 1998. SERVQUAL: A Multiple Item Scale Of MeasuringConsumer Perception of Service Quality, Hal 64, Jurnal Of Retailing
Purnamasari, Dinda. 2017. Survei: 24 Persen Warga Jabotabek Tak Setuju Wajib E-Toll. http://tirto.id
Purnamasari, Dinda. 50,90% Masyarakat Khawatirkan Penggunaan Data E-Money. https://tirto.id. 26 Oktober 2017
Raharjo, Sahid (2019). Tutorial Uji Heteroskedastisitas Dengan Glejser SPSS. http://spssindonesia.com
Raharjo, Sahid. 2019. Uji Multikolinearitas Dengan Melihat Nilai Tolerance dan VIF SPSS. https://www.spssindonesia.com
Rezi, Erick. 2018. Perbedaan Efektif dan efisien Menurut Beberapa Ahli ekonomi. http://perbedaanterbaru.blogspot.com
Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian, Faktor dan Pengukuran Kepuasan Konsumen. http://www.kajianpustaka.com
Satriotono, Dicky. 2011. Efektifitas Layanan Jalan Toll Kota Semarang D alam Memenuhi Kebutuhan Pengguna. eprints.undip.ac.id>dicks_Thesis_Final
Sujarweni, V. Wiratna.2014. Spss Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sutrisno, Edy. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Teguh, et al. 2003. Analisis Hubungan Efektifitas Iklan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Carefour Mega Mall Pluit. www.binus.ac.id .
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI
Utami Evayani. 2018. Analisis Hubungan Efektifitas Iklan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Carrefour Mega Mall Pluit. http://www.researchgate.net
Waluyo. 2007. Manajemen Publik, Konsep, Aplikasi dan Implementasinya Dalam Otonomi Daerah. Jakarta: Mandar Maju
Wardani, Tri Ulfa. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Repository.uinsu.ac.id
Wibowo, Tri. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT JNE. eprints.ums.ac.id
Widiyaningsih, Anita. 2015 Pengaruh efektifitas Website Traveloka terhadap Kepuasan Kebutuhan Informasi Harga Promosi Tiket Pesawat. www.repository.fisip-untirta.ac.id
Winarto, Chryseis Ivana dan Wilma Laura Sahetapy. 2019. Pengaruh E-Toll card mandiri dan efektifitasnya terhadap kepuasan pelanggan e toll card mandiri di Surabaya. Agora Vol.7, No. 1. publication.petra.ac.id
Wiryawan, Dedik. 2017. Pengaruh Efektifitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pelabuhan Speedboat Kayan ll Tanjung Selor. AKUNTABEL ISSN Print:0216-7743 ISSN Online:2528-1135. HTTP://www.researchgate.net
Wu et al. (2011). The Effect of Store Image and Service Quality on Brand Image and Purchase Intention for Private Label Brand:AMJ. Australian marketing Journal. Vol 19 (1): 30-39
Wulandari dan Helman. Analisis Efektivitas Pelayanan Antrian pada Gardu Tol Otomatis dan Gardu Tol Reguler. Iib.ui.a.id.2013
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v11i2.6065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng TirtayasaJl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten
Telp/Fax (+62254) 3204321
E-mail: [email protected]
Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.