KEMAMPUAN KOTORAN SAPI DAN EM4 UNTUK MENDEKOMPOSISI BAHAN ORGANIK DAN NILAI EKONOMIS DALAM PENGOMPOSAN

Budi Nining Widarti, Sinta Devia, Muhammad Busyairi

Abstract


Salah satu usaha yang dapat dilakukannya meminimalkan jumlah sampah non medis yang berupa limbah organic sampah dengan cara pengomposan. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengomposan limbah organic dari instalasi gizi dengan metode takakura dan melakukan perhitungan nilai ekonomi pada kompos yang dihasilkan. Tata cara yang digunakan untuk pengomposan menggunakan komposter A berisi bahan kompos berupa sampah sayur dan kotoran sapi, komposter B berisi bahan kompos berupa sampah sayur, kotoran sapi dan EM4. Setelah 21 hari diperoleh hasil komposter A rasio C/N kompos sebesar 12,17 dan komposter B rasio rasio C/N kompos sebesar 13,61. Suhu ke dua komposter dari awal sampai akhir proses mempunyai nilai sama yaitu dimulai dari suhu 28oC dan berakhir suhu 30oC. Komposter A dengan nilai pH 9,8 dan komposter B pada nilai 8,7, sehingga kompos sudah matang sebelum hari ke 21. Pengomposan dengan menggunakan sampah sebanyak 70 Kg dengan harga Rp 60,000,- BEP-Unit yaitu penjualan 146 kemasan kompos dan BEP-Rupiah senilai Rp. 8,781,395,-.


Keywords


Pengomposan; Kompos; Sampah dan Kotoran Sapi;

Full Text:

PDF

References


Edhi, S., 2012. Kenampakan jamur dan organism lain Pada Proses Composting Limbah Tandan Kosong Sawit dengan Penambahan Lindi, Aplika, Vo. 12, N0. 3 September

Habibi, Lafran. 2008. Pembuatan Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga. Titian Ilmu. Bandung.

Sunarto, 2004. Akuntansi Biaya, edisi revisi, cetakan kedua, Penerbit :AMUS, Yogyakarta

Triana, Nenny dan Soedjajadi. 2006. Evaluasi Pengelolaan Sampah Padat di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya:Jurnal Kesling Vol.2 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v10i1.6636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.