PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK MELALUI PERAGA ALAT UKUR MEKANIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Hengki Irawan

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, untuk mengetahui Bagaimanakah Penggunaan Alat Peraga dalam pembelajara alat ukur mekanik Dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Pokok Bahasan Menggunakan alat ukur mekanik Pada Peserta didik Kelas X Teknik Kendaraan Ringan1 SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan prestasi belajar yang pada kondisi awal motivasi belajar sangat rendah sampai kondisi akhir motivasi belajar sangat baik dan prestasi belajar pada kondisi awal tuntas 66,67 %, kondisi siklus I tuntas 83,33 % dan kondisi siklus II tuntas 94,44 %.

 

Keywords


prestasi belajar, motivasi belajar,, alat ukur, pekerjaan dasar teknik otomotif

Full Text:

PDF

References


Amir Hamzah Suleiman. (1981). Media Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia

Arifin, Zaenal. (2002). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Asrori, Mohammad. (2007). Psikologi Pengajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Hamalik., Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution. (1985). Alat Peraga dalam Pembelajaran. Jakarta: Rienka Cipta

Purwanto. M. Ngalim. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Sudjana, Nana. (1996). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Uzer Usman, Moh. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License