PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK MELALUI PERAGA ALAT UKUR MEKANIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, untuk mengetahui Bagaimanakah Penggunaan Alat Peraga dalam pembelajara alat ukur mekanik Dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Pokok Bahasan Menggunakan alat ukur mekanik Pada Peserta didik Kelas X Teknik Kendaraan Ringan1 SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan prestasi belajar yang pada kondisi awal motivasi belajar sangat rendah sampai kondisi akhir motivasi belajar sangat baik dan prestasi belajar pada kondisi awal tuntas 66,67 %, kondisi siklus I tuntas 83,33 % dan kondisi siklus II tuntas 94,44 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir Hamzah Suleiman. (1981). Media Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia
Arifin, Zaenal. (2002). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Asrori, Mohammad. (2007). Psikologi Pengajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Hamalik., Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. (1985). Alat Peraga dalam Pembelajaran. Jakarta: Rienka Cipta
Purwanto. M. Ngalim. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sudjana, Nana. (1996). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Uzer Usman, Moh. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.