Pemetaan Kawasan Wisata di Ruas Kali Jetis, Jatinom, Klaten

Sunar Rochmadi, Satoto Endar Nayono, Nur Hidayat, Elviana Elviana

Abstract


Tujuan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman warga masyarakat di sekitar Ruas Kali Jetis, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tentang pemetaan kawasan wisata guna pemberdayaan masyarakat lokal. Sasaran kegiatan kelompok masyarakat yang akan dijadikan sasaran kegiatan PPM yang dalam hal ini, yaitu: (1) perangkat desa di sekitar Ruas Kali Jetis, (2) organisasi pemuda dan karang taruna dan pengurus pemuda dusun yang ada di desa tersebut, (3) tokoh masyarakat dan pemuka agama desa di sekitar Ruas Kali Jetis. Pendekatan yang dilakukan seperti pelatihan dan pendampingan, survey lapangan, pemetaan pendahuluan, pemetaan detail, pemetaan ulang, pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan laporan pemetaan. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pengembangan sarana dan prasarana sesuai dengan hasil pemetaan Kawasan Wisata di Ruas Kali Jetis, Jatinom, Klaten. Pelaksanaan kegiatan pemetaan di Kawasan Ruas Kali Jetis, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dapat disimpulkan berjalan dengan baik serta mendapatkan tanggapan positif dari warga masyarakat dan perangkat desa. Warga cukup antusias dengan serangkaian kegiatan yang telah didesain.  Warga setempat juga terlibat langsung dalam pembangunan sarana dan prasarana kawasasn wisata di Ruas Kali Jetis. Output dari kegiatan pemetaan ini adalah gambar eksisting dan rencana Kawasan Wisata.

Full Text:

PDF

References


Rivai, Veithzal. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Panggabean, M. S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor, Ghalia Indonesia.

Sulistyani, A. T. dan Rosidah. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep, Teori dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Sedarmayanti. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung, Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/cecd.v1i2.24862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Civil Engineering for Community Development is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.