PENGEMBANGAN KOMIK SEJARAH LOKAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Asyrul Fiqri, Yanuar Al Fikri

Abstract


Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi minat, motivasi, dan hasil belajar peserta. Media belajar sejarah dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Media pembelajaran komik sejarah semakin menarik jika dikembangkan dalam bentuk sebuah aplikasi berbasis android. Kajian pada tulisan ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran sejarah dalam bentuk komik berbasis aplikasi android. Jenia penelitian yaitu R & D dengan pendekatan model ADDIE yang pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Teknik validasi dengan metode angket. Hasil dari validasi ahli media ,ahli materi, dan ahli aplikasi android diperoleh sebesar 84,60 % dengan kategori valid atau baik. Maka aplikasi komik sejarah lokal berbasis android layak digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran sejarah untuk materi perlawanan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda.Penggunaan Komik digital berbasis android diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai sejarah lokal



Keywords


Pengembangan, Komik.Android, Media Pembelajaran, Sejarah Lokal

Full Text:

PDF

References


Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar.2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartodirjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu sejarah. Yogyakarta : Yayasan Bentang Budaya.

Printina, B.I. 2017. Penggunaan Sumber Belajar Digital Exelsa Moodle dan Komik Toondo Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah. JURNAL AGASTYA, 7 (2), 57-67

Prasetyo, AA. 2017. Komik Digital Berbasis Android (M- Learning) Dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret. 316-327

Sayono, Joko. 2013. Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke. Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya, Tahun Ketujuh, Nomor 1, Juni. 2013, 9-17.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup)

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i1.10488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: