PENGEMBANGAN INFOGRAFIS BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH (MATERI SEJARAH REVOLUSI INDONESIA)

Achmad Firman Firdaus, Yuni Maryuni, Ana Nurhasanah

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah dan hasil uji kelayakan pengembangan infografis berbasis android sebagai media pembelajaran sejarah pada materi Sejarah Revolusi Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analysis, design, development, implementation, evaluation. Produk yang dikembangkan dievalusi oleh ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Validasi digunakan untuk menilai dan menelaah produk infografis berbasis android sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media infografis berbasis android portable, mudah digunakan karena berbasis android, (2) digunakan secara offline sehingga tidak memerlukan akses internet untuk meminimalisir kendala lost connect, (3) murah dan gratis siswa hanya perlu instal dari gawai untuk pengoperasiannya, (4) materi muudah dipahami dan menarik karena disajiakan dalam bentuk infografis dan sistematis..


Keywords


Media Pembelajaran Infografis, Android, Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Buku:

Kem, J.E & Dauton, D. K. 1985. Planing and Producing Intructional Media (Fifth Edition). New York: Harper & Row Publisher

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Smiciklas, M. 2012. The Power of Infographics: Using Picture To Communicate And Connect With

Your Audience. Indianapolis: Pearson Education.

Artikel Jurnal:

Abd. Haris Nasution dan Arfan Diansyah. 2020. Pengembangan Media Berbentuk infografis dalam Pembelajaran Sejarah di Tingkat SMA. Jurnal Sekolah PGSD. Vol. 4, No. 3

Aurora Nandia F, dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Media Audio Visual Situs Purbakala Pugung Raharjo untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gajah. Jurnal Dikdaya. Volume 6, No. 1

Calimag, J. N & dkk. 2014. Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology , 2 (2), 90.

Chuang, T. Y., & Chen, W. F. 2007. Effect of digital games on children's cognitive achievement.Journal of Multimedia, 2 (5), 27.

Edwin Mirzachaerulsyah, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Kota Lama Tegal Untuk Meningkatkan Apresiasi Cagar Budaya di SMA Negeri 3 Kota Tegal. Jurnal Historika. Vol 20, No. 1

Hamsi Mansur dan Rafiudin. 2020. Pengembangan Media Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Kmunikasi Pendidikan, Vol. 4, No. 1

M. Miftah. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Vol 1 No 2

Nurul umamah, dkk. 2017. Pengembangan Cerita Sejarah Gayatri Sri Rajaoatni Perempuan Pembangun Imperium Majapahit pada Mata Pelajaran Sejarah SMA. Jurnal Pendidikan dan Humaniora. Volume 55. No. 1

Squire, K. 2009. Mobile media learning: multiplicities of place. On the Horizon, 17 (1), 70.

Subakti, Y. R. 2010. Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktuvisme. SPPS Vol. 24, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i1.11417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: