PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEPEMIMPINAN KHARISMATIK SULTAN AGENG TIRTAYASA BAGI PESERTA DIDIK DI WILAYAH BANTEN

Rochani Rochani, Achmad Hufad, Aan Hendrayana, Suroso Mukti Leksono

Abstract


Kondisi masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Banten saat ini mulai terjadi banyak perubahan, salah satu perubahan yang dirasakan yaitu lunturnya nilai karakter. Kondisi yang paling menyedihkan adalah masyarakat yang melupakan pahlawan dan ciri karakter pahlawan yang mewakili ciri masyarakat Indonesia. Peneletian ini bertujuan untuk menggali kembali karakter pahlawan lokal dalam hal ini Sultan Ageng Tirtayasa untuk ditanamkan kembali dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sultan Ageng Tirtayasa memiliki banyak karakter positif yang menonjol diantaranya jujur, amanah, wibawa, adil, dan religius. Karakter tersebut sangat relevan dan penting untuk ditanamkan kembali dalam pendidikan.konsisi tersebut sejalan dengan program pemerintah untuk menjalankan Program Penguatan  Karakter dalam dunia pendidikan.


Keywords


Pendidikan, Karakter, Sultan Ageng Tirtayasa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budhiman, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Horton, P. B., Hunt, C. L., RAM, A., & SOBARI, T. (1999). Sosiologi, Jilid 2.

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi perkotaan: memahami masyarakat kota dan problematikanya. Pustaka Setia.

Marfai, M. A. (2019). Pengantar etika lingkungan dan Kearifan lokal. UGM PRESS.

Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas kajian kearifan budaya lokal di sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sita, P. S. (2013). Pengaruh Kebudayaan Asing Terhadap Kebudayaan Indonesia Di Kalangan Remaja. Surabaya: ITS.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Jurnal:

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), 33–42.

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130.

Kleden, F. (2016). KAUM MUDA DI PERSIMPANGAN JALAN: ANTARA KEBUDAYAAN NASIONAL DAN KEBUDAYAAN BARAT. Realitas Sosial, 10(1), 60.

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).

Rahmawati, F., & Handoyo, A. W. (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN DAN PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2).

Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 12(1), 31–42.

Suwito Eko Pramono, Tsabit Azinar Ahmad, Putri Agus Wijayati. National Heroes in Indonesian History Text Book . Vol 29, No 2 (2019): PARAMITA

Wibowo, T. U. S. H., Gilang, M. I., & Nashar, N. (2021). NILAI-NILAI KETOKOHAN SULTAN AGENG TIRTAYASA SERTA SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DAN REAKTUALISASINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 7(1), 51–67.

Internet:

Dinas Sosial Provinsi Banten. (2020). SEKILAS SEJARAH PAHLAWAN NASIONAL ASAL BANTEN. https://dinsos.bantenprov.go.id/sekilas-sejarah-pahlawan-nasional-asal-banten

Sultan Ageng Tirtayasa. (2020). https://m.merdeka.com/sultan-ageng-titajasa/profil/




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i2.11634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: