IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI BERBASIS WEBSITE MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG

Yusuf Perdana, Winda Pitriani Parhamah, Nadira Febri Faradila, Rayhan Alfarisi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran resitasi pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 9 Bandar Lampung (2) untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai karakter pada siswa melalui metode pembelajaran resitasi dalam pelajaran sejarah, dan (3) untuk mengetahui dampak implementasi pembelajaran sejarah dengan metode resitasi berbasis website. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka (library research). Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan sebagai berikut: (1). Implementasi metode resitasi berbasis website dengan memberikan penugasan yang dapat dikerjakan di rumah dengan waktu yang longgar agar siswa dapat memahami materi sejarah secara menyeluruh. (2). Penanaman nilai-nilai karakter yang tercipta dengan metode resitasi adalah kejujuran, nasionalisme, gotong-royong dan lainnya. (3). Dampak positif bagi siswa salah satunya adalah menuntut kreativitas yang tinggi, sedangkan bagi guru mempermudah dalam jejak digital yang mempermudah absensi.


Keywords


Pembelajaran Sejarah, Nilai-Nilai Karakter, Covid-19.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdi, Gloria Pirena. 2020. Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4. No 1. 209

Alipandie, Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Pendidikan. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Asyrul. F. & Y. Al-Fiqri. 2021. Pengembangan Komik Sejarah Lokal Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah. Vol. 7 No. 1. 76

Dimyati dan Mudjiono. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah dan Bahri S. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful dan Zain Aswan, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Firdaus, A.F Yuni, M, & Ana N. 2021. Pengembangan Infografis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah (Materi Sejarah (Revolusi Indonesia). Candrasangkala:JurnalPendidikan dan Sejarah. Vol. 7. No. 1. 24

Rizqon Halal Syah Aji. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia:Sekolah,Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam : Jurnal Sosial & Budaya Syar-i Vol. 7. No. 5. 397-398

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfa Beta, 2009

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al-Gesindo

Sugihantono, dkk. 2020. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Syaiful, R., Wahid, M. & Ega T. Berman. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 1. No.1. 137

Syintya Elisva, dkk. 2019. The Effectivenness Of Prezi Media For History Learning Of The Eleventh Grade. Jurnal Historica Vol. 3. No 1. 2

Tambak, Syahraini. 2016. Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al- Hikmah : Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. Vol 13. No. 1. 31

Wahyu Aji Fatma Dewi. 2020. Dampak Covid-19Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2. No. 1. 56

Wandi, Sustiyo. dkk. 2013. Pembinaan Prestasi Ekstrakulikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. 2 (8): 527.

Wawancara dengan bapak Alwansyah, S. Pd pada tanggal 20 Agustus 2020

Wawancara dengan Citra Agustina pada 23 Agustus 2020

Wawancara dengan I Gusti Ngurah Ari Arthana pada 21 Agustus 2020

Wawancara dengan Rahmah Tri Rosanti Rahayu pada 25 Agustus 2020

Wulandari & Agustika. 2020. Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha. Vol.8. No. 3. : 516

Yustina, E, Yusuf, P & Nur Indah L. 2020. Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA YP Unila. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 9. No. 1. 20




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i2.11733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: