ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING MASA PANDEMI COVID-19

Heri Susanto, Widyavera Irmanita, Muhamad Meidy Syurbakti, Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi telah memaksa perubahan mendasar pada aktivitas pembelajaran di sekolah. Pembelajaran daring menjadi alternative untuk dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan. Guru dan siswa dipaksa untuk beradaptasi secara cepat dan membiasakan diri dengan berbagai media digital dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut menyebabkan munculnya berbagai kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tujuan melakukan sebuah studi evaluatif penggunaan media digital dalam pembelajaran sejarah. Temuan penelitian menunjukkan terdapat kendala teknis, substansial, dan instruksional dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin menggunakan WhatsApp, google classroom, dan zoom meeting yang berdiri sendiri-sendiri sehingga belum memenuhi kriteria learning management system yang ideal untuk pembelajaran daring. Kondisi tersebut memberikan gambaran bahwa diperlukan langkah perbaikan dengan menyediakan sebuah Learning Management System untuk mendukung kelancaran pembelajaran daring.

Keywords


Media Pembelajaran Digital; Pembelajaran Sejarah; Covid-19

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30–35.

Ahmad, S. (2014). Problematika Kurikulum 2013 Dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan, 8(2), 98–108. https://doi.org/10.13170/jp.8.2.2158

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Metaedukasi, 1(1), 13–23.

Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., Wibowo, R. P., & Astuti, H. M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Untuk Pembelajaran Pengayaan Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 85–95. http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1828

Flew, T., & Smith, R. (2008). New Media : An Introduction. Oxford University Pers.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda|Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Horvat, A., Dobrota, M., Krsmanovic, M., & Cudanov, M. (2013). Student perception of Moodle learning management system: a satisfaction and significance analysis. Interactive Learning Environments, 23(4), 515–527. https://doi.org/10.1080/10494820.2013.788033

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN, SIKAP, DAN PENGETAHUAN. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar2, 6(2), 389–396.

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76–87. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148

Muhtadi, A. (2019). Pembelajaran Inovatif. In Modul 3.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25–32.

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–13.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 217–223. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2019/27__Aprilia_Riyana.pdf

Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–69. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.2372

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Suwarsito, Sutomo, & Fauziah, D. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Geografi Perkotaan dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa (Digital Learning Media Development in Urban Geography Subject for Increasing Student Learning Motivation). Juita, 1(3), 91–95.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ulhaq, Z., Nuriah, T., & Winarsih, M. (2017). Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.21009/jps.062.06

Yueh, H. P., & Hsu, S. (2008). Designing a learning management system to support instruction. Communications of the ACM, 51(4), 59–63. https://doi.org/10.1145/1330311.1330324




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v8i1.14383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: