PENGUATAN NILAI NASIONALISME DALAM SEJARAH PERJUANGAN ALRI DIVISI IV KALIMANTAN SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
Abstract
Penulisan dari artikel ini adalah mengulas sejarah perjuangan dari ALRI Divisi IV Kalimantan Selatan yang terdapat nilai-nilai nasionalisme yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dengan focus pada sejarah local Kalimantan Selatan selanjutnya dengan Metode dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun tahapan analisis data; 1) reduksi data yang tidak sesuai dengan fokus penelitian, 2) penyajian data dalam bentuk deskriptif, dan 3) penarikan kesimpulan berdasarkan temuan penelitian sehingga menggambarkan hasil penelitian secara sistematis. Data-data yang diperoleh dari penelitian lapangan, wawancara, studi literature baik berupa artikel-artikel, buku sejarah local dan dokumen lainnya. ALRI Divisi IV Kalimantan yang dibentuk oleh pemerintah provinsi Kalimantan oleh P. M. Noor, melakukan perlawanan terhadap Belanda dan NICA pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang terbagi menjadi 3 fase, yaitu fase awal yaitu pembentukan, fase kedua yaitu perlawanan dan taktik melawan Belanda dan fase ketiga yaitu proklamasi 17 Mei 1949, Selanjutnya dari sejarah local perjuangan ALRI Divisi IV Kalimantan ini terdapat nilai-nilai nasionalisme seperti cinta tanah air, rela berkorban dan menghargai jasa para pahlawan, yang juga mampu di integrasikan kedalam materi ajar IPS kelas IX pada materi Masa Kemerdekaan Indonesia 1945-1950 pada sub-materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abbas, E. W. (2017). Pendidikan Sejarah, Patriotisme & Karakter Bangsa Malaysia-Indonesia. Pendidikan IPS ULM.
Afrina, A., Abbas, E. W., & Susanto, H. (2021). The Role of Historical Science in Social Studies Learning Materials for Increasing Values of Student’s Nationalism. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3769
Anis, M. Z. A., Putro, H. P. N., Arisanty, D., & Rajiani, I. (2020). Historical Thinking Learning Model in the Era of Society 4.0: New Jersey in an Old Jacket.
Basry, H. (2003). Kisah Gerilya Kalimantan Periode Tahun 1945-1949. Dewan Harian Daerah Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 (DHD 45) Provinsi Kalimantan Selatan & Penakita Pubsliher.
Budiyono, K. (2007). Nilai-nilai kepribadian dan kejuangan bangsa Indonesia. Alfabeta.
Cahyono, C. (2018). Dampak Perkembangan Sosial budaya Terhadap Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 39–49.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approache. Sage Publications.
Gin, O. K. (2013a). Allied military administration, September 1945 to June–July 1946. Post-War Borneo, 1945-1950, 73–100.
Gin, O. K. (2013b). Old’Dutch and ‘new’republicans, 1945–1950. Post-War Borneo, 1945-1950, 142–166.
Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196
Hidayatullah, A., & Winarso, H. P. (2019). Internalization Struggle Values Brigadier General Haji Hassan Basry Against Activities In Schools. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1364
Huberman, A. M., & Miles, M. B. (1985). Assessing local causality in qualitative research.
Ibrahim, J. (2018). Dinamika sosial dan Politik Masa Revolusi Indonesia. UGM PRESS.
Ideham, M. S. (2003). Sejarah Banjar. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.
Ideham, M. S., Syarifuddin, S., Anis, M. Z. A., & Wajidi, W. (2015). Urang Banjar dan Kebudayaannya. Ombak.
Lestari, S. U., Saraswati, U., & Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 6(2), 205–215.
Mahardi, D. (2015). Integritas Bangsaku. Elex Media Komputindo.
Mansyur, M., Mursalin, M., & Wajidi, W. (2019). TERIMA KASIH UNTUKMU PAHLAWAN Biografi 4 Pahlawan nasional Dari Kalimantan Selatan. Arti Bumi Intaran.
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan PENDIDIKAN NILAI. Alfabeta.
Noor, Y. (2021). Hassan Basry dan Ibnu Hadjar Serta Mitos Harta Karun Ibnu Hadjar. Prosiding Lintasan Sejarah Maritim Kalimantan Selatan, 251–262.
Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration of Learning Resources in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 56–67. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3528
Prawitasari, M., Nuraida, L., & Mansyur, M. (2021). PERAN MASYARAKAT DUSUN BATANTANGAN PADA MASA REVOLUSI FISIK DI KALIMANTAN SELATAN. Prabayaksa: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(2), 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/pby.v1i2.4180
Purba, J. (2019). Pemikiran Pangeran Mohamad Noor dalam Persatuan dan Pembangunan di Kalimantan Selatan (1923–1959). In Penguatan dan Pelemahan (pp. 5–25). CV Media Jaya Abadi.
Rahmadi, R., Jaferi, A. R., & Ahmad, A. (2013). Elit Muslim Banjar di Tingkat Nasional. IAIN Antasari Press.
Ricklefs, M. C. (2008). A History of Modern Indonesia Since C.1200. Macmillan International Higher Education.
Riwut, T. (1993). Kalimantan membangun, alam, dan kebudayaan. Tiara Wacana.
Saleh, M. (2021). Semangat Kebangsaan Berbasis Peristiwa Sejarah Lokal untuk Membangun Kesadaran Sejarah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3579–3585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1306
Saleh, M. I., Asnawi, A., Koroh, A. A., Yustian, D., & Syah, Y. (1977). Sejarah Daerah Kalimantan Selatan. Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan.
Samiah, S., Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2021). The Contribution of Historical Science in Social Studies Teaching Materials in The Junior High School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3048
Sjamsuddin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Ombak.
Sjamsuddin, H. (2018). Kiprah Pangeran Mohamad Noor Dalam Dinamika Politik Indonesia (1945-1967). Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 1(2), 63–78. https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.10698
Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2018). Masa Krusial Pemerintahan Daerah: Dari Keresidenan Bagian Selatan dan Timur Borneo Hingga Provinsi Kalimantan Selatan. Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Surono, K. A. (2017). Penanaman Karakter dan Rasa Nasionalisme pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka di SMP N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Jurnal Konservasi Indonesia, 6(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijc.v6i1.12527
Syaharuddin, S. (2015). Membangun Kesadaran Berbangsa Melalui Pembelajaran Sejarah Banjar pada Periode Revolusi Fisik (1945-1949). Seminar Nasional Pendidikan Sejarah Untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050.
Toer, P. A. (2014). Kronik Revolusi Indonesia Jilid V. Kepustakaan Populer Gramedia.
Toer, P. A., Toer, K. S., & Kamil, E. (2020). Kronik Revolusi Indonesia 4 (1948). Kepustakaan Populer Gramedia.
Usman, A. G. (1991). Pengaruh proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV 17 Mei 1949 terhadap perjuangan rakyat Kalimantan Selatan: Laporan penelitian. Universitas Lambung Mangkurat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Utrecht, E. (1972). The Indonesian army as an instrument of repression. Journal of Contemporary Asia, 2(1), 56–67. https://doi.org/10.1080/00472337285390041
van Dijk, C. (1981). South Kalimantan—the Rebellion of the Oppressed. Rebellion under the Banner of Islam, 218–268. https://doi.org/https://doi.org/10.1163/9789004287259_007
Vickers, A. (2013). A History of Modern Indonesia. Cambridge University Press.
Wajidi, W. (2007). Proklamasi Kesetiaan Kepada Republik. Pustaka Banua.
Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. POPULIKA, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v8i1.14803
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Statistic Counter since April 2022
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)
Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)
Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: [email protected]
MAP OUR OFFICE: