IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI KEJUANGAN SULTAN AGENG TIRTAYASA (1651-1682) DALAM MEMBANGUN SEMANGAT KEBANGSAAN DI SMAN 1 BAROS

Oka Agus Shavab1

Abstract


Penelitian ini bertolak dari keresahan peneliti terhadap rendahnya pembelajaran sejarah lokal sebagai sebuah identitas yang semakin tidak menyentuh terhadap generasi muda. Padahal sejarah lokal sangat dekat dengan lingkungan siswa dan banyak sekali nilai-nilai yang bisa digali dan dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai nilai-nilai kejuangan Sultan Ageng Tirtayasa dalam membentuk semangat kebangsaan siswa dan implementasinya di dalam kelas. Metodologi penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik yaitu mengamati dan mengumpulkan  datanya  dilakukan  dalam  latar/setting  alamiah,  artinya  tanpa memanipulasi subyek yang diteliti atau apa adanya. Dari Hasil penelitian pembelajaran sejarah lokal berbasis biografis dalam membangun semangat kebangsaan di SMA Negeri 1 Baros, yaitu: 1) pembelajaran nilai-nilai kejuangan Sultan Ageng Tirtayasa di SMAN 1 Baros dilakukan dengan melakukan pembelajaran sejarah lokal berbasis biografis dengan mengintegrasikan sejarah lokal ke dalam sejarah nasional, 2) Hasil-hasil Pembelajaran telah menunjukan adanya peningkatan pemahaman sejarah lokal tentang perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa, sebagai jati diri masyarakat Banten, sehingga menumbuhkan perasaan memiliki terhadap sejarah lokal yang ada di Banten, juga  membangkitkan  semangat kebangsaannya  dalam  kaitannya  dengan  kehidupan  bersama dalam komunitas yang lebih besar.


Keywords


Sultan Ageng Tirtayasa; Nilai Kejuangan; Semangat Kebangsaan

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hasan, Said Hamid. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Huberman & Miles, B.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Lickona, T. 1992. Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lincoln & Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. California: Baverly Hills.

Lubis, Nina Herlina. 2003. Banten dalam Pergumulan Sejarah. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Michrob, Halwany. 1993. Catatan Masalalau Banten. Serang: Saudara.

Mulyana, Agus & Darmiasti 2009, Historiografi Di Indonesia Dari Magis-Religius Hingga Strukturis, Bandung: Refika Utama.

Moleong, L. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2005. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D), Bandung: Alfabeta

Supriatna, N. 2007. Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Bandung: Historia Utama Press.

Supriatna, N. 2008. Konstruksi Pembelajaran Sejarah Yang Berorientasi Pada Masalah-masalah Sosial Kontemporer. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: SPS UPI

Syaodih, N. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjandrasasmita, U. (1967). Sultan Ageng Tirtayasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Widja, I.G. 1989. Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.

Wineburg, S. 2008. Berpikir Historis: Memetakan Masa Depan, Mengajarkan Masa Lalu. Jakarta: Buku Obor.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v2i1.1599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: