LOCAL HISTORY IN DEVELOPING PATRIOTISM (STUDY ON THE HISTORY OF THE PHYSICAL REVOLUTION IN BANTEN 1945-1949)

Muhammad Ilham Gilang

Abstract


Kurang diminatinya pelajaran sejarah menjadi satu masalah serius bagi pendidikan di Indonesia. Sebab pelajaran sejarah sesungguhnya sangat berfungsi sebagai pembentuk karakter generasi muda. Masalah ini tentu menggambarkan kondisi yang rawan bagi keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Pemerintah dengan cepat merespons masalah ini dengan cara memposisikan mata pelajaran sejarah sebagai unsur utama yang diperhatikan dalam Kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013, pelajaran sejarah terbagi menjadi dua bagian: Sejarah Indonesia dan Sejarah (Peminatan Ilmu-ilmu sosial). Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan jam mata pelajaran sejarah yang meningkat lebih dari dua kali lipat dari sebelumnya. Hal ini memungkinkan lebih leluasanya berbagai materi sejarah diajarkan kepada peserta didik. Salah satu diantaranya ialah materi sejarah lokal. Sejarah lokal merupakan sejarah yang terjadi dalam hal spasial (ruang) lokalitas tertentu dalam suatu komunitas masyarakat dengan temporal (waktu). Kejadian ini dapat terjadi secara bersamaan dengan sejarah nasional. Sejarah lokal mengenai Revolusi Fisik di Banten Tahun 1945-1949 menjadi satu diantara materi yang kurang diperhatikan sebagai bagian integral dalam periodesasi mempertahankan kemerdekaan pada Sejarah Nasional. Pembelajaran sejarah dengan materi sejarah lokal lebih mudah dipahami peserta didik, karena dapat melihat secara langsung realitas kehidupan sesungguhnya di lingkungan terdekat. 


Keywords


sejarah lokal; revolusi fisik di Banten; patriotisme

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. (2007). “Di Sekitar Penelitian Sejarah Lokal” dalam Sejarah Lokal Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah: Salamina Press Bandung: Bandung.

Blank, T. & Schmidt, P. (2003). “National Identity in a United Germany: Nationalism or Patriotism? An Empirical Test With Representative Data”. Journal of Political Psychology, Vol 24, No.2, 2003

Djojomardodo, Muljono dkk. (1982). Sejarah dan Perlawanan Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di Jawa Tengah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional: Jakarta.

Garvey, B dan Krug, M. (1977). Models of History Teaching in The Secondary Schools. Kidlington, Oxford: Oxford University Press.

Hasan, S.H (2007). Kurikulum Sejarah dan Pendidikan Sejarah Lokal. (Online). Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori. (30 Maret 2013).

Lapian, A.B. (1980). ”Memeperluas Cakrawala Melalui Sejarah Lokal”. Dalam Prisma, 8 Jakarta: LP3ES.

Mulyana, Agus dan Restu Gunawa. (2007). Sejarah Lokal Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah: Salamina Press Bandung: Bandung.

Setiadi, Elly M., Kama A. Hakam, dan Ridwan Effendi. (2007). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Suharto. (2001). Banten Masa Revolusi, 1945-1949 Proses Integrasi Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Disertasi FIB UI

Supardan, D. (2004). Pembelajaran Kesadaran Sejarah berbasis Pendekatan Multikultural dan Perspektif Sejarah Lokal, Nasional, Global dalam Integrasi Bangsa. Disertasi: SPS UPI Bandung

Schwatz, R.T; Staub, E.; Lavine, H. (1999). “On the varieties of national attachment: constructive patriotism”. Journal of Political Psychology.

Staub, E. & Schwatz, R.T (1994). Manifestations of blind and constructive patriotism: personality correlates and individual-group relations. Chicago: Nelson - Hall Publisher.

Sjamsuddin, H. (2007). Model Pendekatan Praktis Dalam Pembelajaran Sejarah. Makalah di Pekan baru-Riau.

____________. (TT). Keragaman Sejarah di Indonesia Bagian Timur. Draft Makalah.

Wasino. (2009). Pokok-Pokok Pikiran untuk Penulisan Sejarah Lokal. Makalah Sarasehan Koordinasi dan Curah Pendapat Penguatan Sejarah Lokal untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Kebudayaan, Pariwisata,Pemuda dan Olah Raga. Patra Jasa Semarang, 24 Maret 2009.

Widja, I.G. (1991). Sejarah Lokal suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Bandung: Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v2i1.1602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: