PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH “ZAPRA” BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI TEKNOLOGI HASIL KEBUDAYAAN ZAMAN PRAAKSARA DI INDONESIA UNTUK KELAS X IIS 3 SMA DARUT TAQWA PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN

Mutiara Syafira Anastasia, Joko Sayono, Arif Subekti

Abstract


Abstract: This research aims to produce a pop-up book-based history learning media about the technology results of prehistoric culture in Indonesia for Darut Taqwa Purwosari High School, Pasuruan Regency class X IIS 3. The limited use of information technology-based learning media and the prohibition of the use of gadgets in Islamic education-based schools have caused history teachers in conveying and explaining historical material become unattractive, even though teachers must respond to technological advances that may lead to automation of the world of education. The research method used in this research uses research and development methods. The results of the research that resulted from the development of pop up book learning media based on the results of the feasibility test obtained a percentage value of 89.7% by material expert validators and 92.3% by media expert validators. The development of pop up book learning media is made with an attractive design, a practical and efficient form and is effective for the use of history learning activities in the classroom.

 

Keywords: Development of Learning Media, Pop Up Books, Technology Results of Prehistoric Culture in Indonesia

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sejarah berbasis pop up book tentang teknologi hasil kebudayaan zaman praaksara di Indonesia untuk SMA Darut Taqwa Purwosari, Kabupaten Pasuruan kelas X IIS 3. Terbatasnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan pelarangan penggunaan gadget di sekolah berbasis pendidikan Islam menyebabkan guru sejarah dalam menyampaikan dan menerangkan materi sejarah menjadi tidak menarik, padahal guru harus merespon kemajuan teknologi yang mungkin terjadinya otomatisasi dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian yang dihasilkan dari pengembangan media pembelajaran pop up book berdasarkan hasil uji kelayakan didapatkan nilai persentase sebesar 89,7% oleh validator ahli materi dan 92,3% oleh validator ahli media. Pengembangan media pembelajaran pop up book dibuat dengan desain yang menarik, bentuk yang praktis dan efisien serta efektif bagi penggunaan kegiatan proses pembelajaran sejarah di kelas.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Pop Up Book, Teknologi Hasil Kebudayaan Zaman Praaksara di Indonesia


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran; Pop Up Book; Teknologi Hasil Kebudayaan Zaman Praaksara di Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmed, M. D. (1987). Muslim education prior to the establishment of madrasah. Islamic Studies, 26(4), 321-349.

Anwar, S. (2019). Revolusi Industri 4.0 Islam dalam merespon tantangan teknologi digitalisasi. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 16-28.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2007). Educational research: An introduction (8th ed.). Longman.

Brown-Martin, G. (2018, January 15). Education and the fourth industrial revolution. regenerative.global: Transformative Learning Consultancy. https://medium.com/regenerative-global/education-and-the-fourth-industrial-revolution-cd6bcd7256a3.

DeCoito, I., & Richardson, T. (2018). Teachers and technology: Present practice and future directions. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 18(2), 362-378.

Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran buku pop-up wayang tokoh pandhawa pada matapelajaran bahasa Jawa kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1-16.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, V. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 2 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(3), 221-228.

Dzuanda. (2009). Perancangan buku narasi anak pop up tokoh-tokoh wayang berseri: Seri Gatot Kaca. [Skripsi S1 tidak diterbitkan]. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Fuadi, T. M. (2019). Era Indrustri 4.0: Peran guru dan pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Abdulyatama, 3(1), 979-988. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Pustaka Setia.

Jackson, J. (2016). Myths of active learning: Edgar Dale and the cone of experience. Journal of the Human Anatomy and Physiology Society, 20(2), 51-53.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media & sumber pembelajaran. Kencana.

Jati, S. S. P., Subekti, A., & Sulistyo, W. D. (2020). Development of 'Video Bank' based on prehistoric community life at the Sangiran site as an independent learning media. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(07), 86-97. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i07.13257.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. http://www.infoguruku.net/2019/download-permendikbud-no-37-tahun-2018.html.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran, manual, dan digital. Ghalia Indonesia.

Leatemia, A. C. (2019). Pengembangan buku pop up sejarah dalam materi pokok Revolusi Amerika untuk siswa SMA kelas XI IPS. [Skripsi S1 tidak diterbitkan]. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Sanata Dharma.

Manan, M. A. (2019). Daya tahan dan eksistensi pesantren di era 4.0. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia (JPII), 3(2), 155-167.

Noviyanti, L., Santoso, K., & Habibah, N. A. (2013). Keefektifan penggunaan kartu bergambar berbentuk pop up card pada pembelajaran siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 76-83.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 03(01), 171-187.

Nuryanto, A. (2012). Media pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Press.

Pramesti, J. (2015). Pengembangan media pop-up book tema peristiwa untuk kelas III SD Negeri Pakem. [Skripsi S1 tidak diterbitkan]. Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 6(2), 80-89. DOI: 10.18860/jpai.v6i2.9072.

Richardson, J., Swan, K., Lowenthal, P., & Ice, P. (2016). Social presence in online learning: Past, present, and future. In P. Kirby & G. Marks (Ed.), Proceedings of global learn-global conference on learning and technology (pp. 477-483). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE). https://www.learntechlib.org/primary/p/172799/.

Ryan, V. (2002). Pop-up card mechanisms. https://www.technologystudent.com/designpro/popup1.htm.

Sabandar, V. P., & Santoso, H. B. (2018). Evaluasi aplikasi media pembelajaran statistika dasar menggunakan metode usability testing. Teknika, 7(1), 50-59. http://ejournal.ikado.ac.id/index.php/teknika/article/view/81/60.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Prenada Media Group

Satrianawati. (2018). Media dan sumber belajar. Deepublish.

Septiyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up dalam pembelajaran IPS terpadu pada pokok bahasan Perang Diponegoro dan pengaruhnya terhadap nasionalisme siswa kelas VIII SMPN 4 Ungaran. [Skripsi S1 tidak diterbitkan]. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Suarno, D. T., & Sukirno. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPS dengan tema pemanfaatan dan pelestarian sungai untuk siswa kelas VII SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 115-125. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/7663.

Sumanto & Seken, I. M. (2012). Modul pengembangan materi umum: Media pembelajaran sekolah dasar (SD). Universitas Negeri Malang.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran. Pustaka Abadi.

Suparti. (2016). Metode penelitian pengembangan inovasi pembelajaran beserta contoh proposal. Universitas Negeri Malang Press (UM Press).

Suprayitno, T. (2011). Pendoman pembuatan alat peraga fisika untuk SMA. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suwito, A. (2015). Pendekatan parade untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi sistem pemerintahan melalui pemanfaatan media voucher pada kelas XII IPS 2 SMAN 1 Lasem. Jurnal Ilmiah Civis, 5(2), 843-854. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/903.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “Konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 140-145.

Wiarto, G. (2016). Media pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Claksitas.

Wijaya, Y. (2018). Pop up book peninggalan kebudayaan bercorak Hindu-Buddha koleksi Museum Wajakensis Tulungagung. [Skripsi S1 tidak diterbitkan]. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Zuhdi, U., & Wati, E. T. (2018). The influence of pop-up book to the student's outcomes in learning ecosystem. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 173, 339-342.

Wawancara

Moh. Rifai, S.Pd., Guru Sejarah SMA Darut Taqwa Purwosari tanggal 14 Juli 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v8i2.16722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: