PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN SEJARAH DI SEKOLAH MENEGAH ATAS KOTA DEPOK
Yusuf Budi Prasetya Santosa
Abstract
Pendidikan sejarah adalah suatu wahana penting dalam pendidikan suatu bangsa. Ada adagium yang mengatakan sejarah membuat orang menjadi arif dan bijaksana. Berawal dari sejarah seseorang dapat belajar dan menggunakan pelajarannya untuk masa depan yang lebih baik. Pendidikan sejarah sebagai sebuah konsep besar memiliki turunan yang lebih kecil, yaitu pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah diberikan secara formal sejak mengenyam pendidikan dasar hingga menengah atas. Pada proses tersebut Guru Sejarah memiliki peran yang sangat besar demi keberhasilan pendidikan sejarah. Guru Sejarah sebagai garda terdepan dalam melaksanakan pendidikan sejarah. Namun di dalam prosesnya terdapat beberapa masalah yang dapat menghambat keberhasilan pembelajaran sejarah. Masalah itu dapat diatasi bilamana Guru Sejarah kembali kepada “rel” pendidikan sejarah yang sejati.
Keywords
Pendidikan Sejarah; Guru Sejarah; Pembelajaran Sejarah
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)
Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)
Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia Email: [email protected]