PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI MEDIA POWER POINT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR CALON GURU SEJARAH

M. Iyus Jayusman, Oka Agus Kurniawan Shavab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penerapan media pembelajaran multi media power point dalam meningkatkan aktivitas belajar calon guru sejarah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran masih jarang digunakan dan hal ini berimbas dengan kurangnya aktifitas belajar  mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran dan respon yang ditunjukan oleh mahasiswa pendidikan sejarah sebagian besar kurang memperhatikan jalannya kegiatan pembelajaran dan mengacuhkannya, seperti mengobrol dan main handphone. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu cara   melakukan   penelitian   dan   berupaya   bekerja   untuk memecahkan  masalah  pada  saat  yang  bersamaan. Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus I, terlihat bahwa 76 % dari jumlah mahasiswa telah melakukan aktivitas visual, 69% dari jumlah mahasiswa telah melakukan aktivitas lisan, 69% dari jumlah siswa telah melakukan aktivitas mendengarkan, 77% dari jumlah siswa telah melakukan aktivitas menulis,  77% dari jumlah mahasiswa telah melakukan aktivitas mental, dan 77 % dari jumlah siswa telah melakukan aktivitas emosional. Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus II, terlihat bahwa 85 % dari jumlah mahasiswa telah melakukan aktivitas visual, 82% dari jumlah mahasiswa telah melakukan aktivitas lisan, 86% dari jumlah siswa telah melakukan aktivitas mendengarkan, 87% dari jumlah siswa telah melakukan aktivitas menulis,  82% dari jumlah mahasiswa telah melakukan aktivitas mental, dan 80 % dari jumlah siswa telah melakukan aktivitas emosional.


Keywords


Multi Media Power Point, Aktivitas Belajar, Penelitian Tindakan

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sardiman. 2000. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Wiriaatmadja, Rochayati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung. Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i2.4528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: