SEKOLAH VAN DEVENTER SEKOLAH GURU PEREMPUAN DI JAWA 1918-1942

Oceani Enjang Mahistra

Abstract


Penelitian ini berjudul Sekolah Van Deventer; Sekolah Guru Perempuan di Jawa 1918-1942. Masalah utama yang dibahas adalah bagaimana sebenarnya keberadaan Sekolah van Deventer membantu memengaruhi perkembangan pendidikan perempuan di Jawa. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa perkembangan pendidikan perempuan di Jawa berjalan seiring dengan mulai sadarnya masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi perempuan. Pendidikan dapat membuat perempuan lebih maju dan tidak terbelakang.
Didirikannya Sekolah van Deventer turut membantu dalam perkembangan pendidikan perempuan. Sekolah ini menjadi tempat bagi perempuan melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi untuk mendapatkan ijazah guru. Sekolah van Deventer mampu berkembang dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi penyelenggaraan pendidikan perempuan khususnya pendidikan perempuan di Jawa. Kualitas dan fasilitas yang dimiliki sangat mendukung dalam perkembangan sekolah ini. Adanya pelajaran tambahan keterampilan perempuan membuat

Keywords


Sekolah Van Deventer, Perempuan, Jawa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v1i1.752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: