LOCAL HISTORY OF BANTEN AND RELIGIOUS TOLERANCE (CASE STUDY: BANTEN GRAND MOSQUE AND VIHARA AVALOKITESVARA)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ardanareswari, I. (2020). Istiqlal dan Katedral dalam Catatan Sejarah. Retrieved from tirto.id website: https://tirto.id/istiqlal-dan-katedral-dalam-catatan-sejarah-eyJr
Dispar, A. (2020). Menengok Simbol Toleransi Kesultanan Banten di Cagar Budaya Vihara Avalokitesvara. Retrieved from Dinas Pariwisata Provinsi Banten website: https://dispar.bantenprov.go.id/Berita/topic/339
Fidiyani, R. (2013). Kerukunan Umat Beragama di Indonesia (Belajar Keharomonisan dan Toleransi Umat Beragama Di Desa Cikakak, Kec. Wangon, Kab. Banyumas). Jurnal Dinamika Hukum, 13(3), 468–482. https://doi.org/10.20884/1.JDH.2013.13.3.256
Gunawan, R., Lestariningsih, A. D., & Sardiman. (2017). Sejarah Indonesia Kelas X: Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hayati, S., Handiki, Y. R. P., & Indrayani, H. (2019). Kerukunan Umat Beragama dalam Perspektif Agama Buddha dan Islam. Jurnal Studi Agama, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hidayat, S., Firmansyah, H., & Irawani, F. (2015). Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Lokal Dengan Sikap Toleransi Mahasiswa Sejarah IKIP-PGRI Pontianak. Khazanah Pendidikan, IX(1), 1–9.
Jumardi, & Pradita, S. M. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 1–11.
Kholis, N. (2016). Vihara Avalokitesvara Serang: Arsitektur dan Peranannya dalam Relasi Buddhis-Tionghoa dengan Muslim di Banten. Jurnal Lektur Keagamaan, 14(2), 327–346. https://doi.org/10.31291/jlk.v14i2.504
Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.
L, A. D., Gunawan, R., AM, S., Zed, M., Purba, W., Wasino, & Mulyana, A. (2014). Sejarah Indonesia Kelas X: Buku Guru. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Laksmi, B. W. (2017). Masjid Agung Banten : Perpaduan Tiga Budaya dalam Satu Arsitektur. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI), A365–A368. https://doi.org/10.32315/sem.1.a365
Mursyid, S. (2016). Konsep Toleransi (Al-Samahah) Antar Umat Beragama Perspektif Islam. Jurnal Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 2(1), 35–51.
Nazmudin, N. (2017). Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama dalam Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Journal of Government and Civil Society, 1(1), 23–39. https://doi.org/10.31000/jgcs.v1i1.268
Simarmata, H. T., Sunaryo, Susanto, A., & Fachrurozi. (2017). Indonesia: Zamrud Toleransi. Jakarta: Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia (PSIK-Indonesia).
Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61–70. https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710
U. Abdullah Mumin. (2018). Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran Di Sekolah). Al-Afkar, Journal for Islamic Studies , Vol. 2(1), 15–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.1303454
Undang-Undang Dasar 1945.
Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Yin, R. K. (2019). Studi Kasus: Desain dan Metode. Depok: Rajawali Pers.
Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Obor.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v6i1.8019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Statistic Counter since April 2022
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)
Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)
Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: [email protected]
MAP OUR OFFICE: