BANTEN AS AQUATIC CITY IN THE 16-17TH CENTURY OF MASEHI

Encep Supriatna

Abstract


Salah satu kerajaan yang bercorak Islam di Nusantara pada abad ke 16-17 adalah Kesultanan Banten, Kesultanan Banten awalnya berada dibawah kekuasaan Sunda Padjajaran dengan penguasa terakhirnya adalah Prabu Pucuk Umun yang merupakan putera dari Prabu Seda berkedudukan di Banten Girang, (Pupuh XVII, Babad Banten; naskah Lontar Kropak 421 baris 1-5). Setelah berhasil memerdekakan diri dari Kerajaan Sunda Pakuan Padjajaran dan menjadi kerajaan Islam ibu kotanya dipindahkan ke Keraton Surosowan yang terletak di Banten Lama + 10 KM dari Kota Serang, alasan pemindahan karena letaknya kurang strategis dan jauh dari pelabuhan, padahal  Banten memiliki lautan yang sangat luas dengan panjang garis pantai 500 KM, di daerah yang baru ini Sultan Banten yang baru yaitu Maulana Hasanudin (1525-1570) dengan gekar Panembahan Sorosowan setelah menerima tahta kerajaan dari ayahnya Sunan Gunug Djati dari Cirebon. Ibu Kota kerajaan Banten yang baru yaitu berkedudukan di Istana Surosowan dikelilingi tembok yang tinggi dan terdapat sungai-sungai dapat dilayari dengan jung atau perahu.

Keywords


Banten, Aquatik City, abad ke 16-17

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ambary, H.M & Michrob, H. (tanpa tahun). Bandar Banten. Penduduk dan Golongannya.”Kajian Historis dan Arkeologis serta Prospek Masyarakat Banten ke Masa Depan” tersedia online di: https://sites.google.com/site/nimusinstitut/bandar-banten diakses, 6/15/2020.

Ambary, H. M. & Michrob, H. (1988). Geger Cilegon 1888 Peranan Pejuang Banten Melawan Penjajah Belanda, Serang: Panitia hari Jadi ke-462 Pemda Tk II Serang.

Chijs, J.A. van der (1881). Oud Bantam, Batavia: Tijdschrift van het Bataviaasch Genootschap van Kuntenen Wetenschappen.

Djajadiningrat, H. (1983). Tinjauan Kritis Tentang Sejarah Banten. Terj. Jakarta; KITLV Pt. Djambatan.

Lubis, N.H, et.al (2013). Sejarah Kerajaan Sunda. Bandung: Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia, cabang Jawa Barat Bekerjasama dengan MGMP IPS SMP Kabupaten Purwakarta.

Michrob, H & Chudari, M. (2003). Proses Islamisasi di Banten Cuplikan Buku Catatan Masa Lalu Banten. Serang: Penerbit. Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Supriatna, (2020). Aspek Kemaritiman di Kesultanan Banten; Perspektif Historis. Artikel di Jurnal Kemaritiman Program Studi Pendidikan dan Kelautan UPI Kampus Serang, Vol 1 Nomor 1 Juni 2020.

Tjandrasasmita, U. ed. (1975). Sejarah Nasional Indonesia Jilid III, Jakarta: Depdikbud.

Wawancara:

Bapak Dr. Ali Fadilah, Kepala Balitbangda Provinsi Banten September 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v6i1.8487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: