PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DAERAH TERTINGGAL DI SD NEGERI 1 CISAMPANG KECAMATAN GUNUNGKENCANA KABUPATEN LEBAK
Abstract
Kegiatan belajar mengajar adalah proses penyampaian ilmu atau transformasi ilmu yang dilakukan
oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Proses tersebut dapat dilakukan secara formal atau pun
nonformal disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada. SD Negeri Cisampang merupakan SD
yang berada pada Kp kebon Kalapa Rt.01 Rw.02 Cisampang, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten
Lebak Provinsi Banten. kurangnya tenaga pendidik yang menyebabkan guru harus mengajar 2 kelas
dalam waktu yang bersamaan sehingga siswa kurang terkontrol dan bahkan masih banyak siswa belum
lancarmanbaca.TimPengabdianMasyarakatmelakukanobservasiterlebihdahulubaru
memperkenalkan metodeTeam Games Tournament,Numbered Head Togetherdan bimbingan belajar
pada para siswa untuk memotivasi mereka dalam belajar di tengah keterbatasan yang dimiliki. Siswa-
siswa dapat mengikuti proses pembelajaran yang diberikan dengan baik dan merasa senang dapat
belajar melalui metode yang ada. Kegiatan pengabdian semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi
masyarakat untuk membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan kesenjangan pendidikan di
sekolah yang ada di daerah tertinggal.
oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Proses tersebut dapat dilakukan secara formal atau pun
nonformal disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada. SD Negeri Cisampang merupakan SD
yang berada pada Kp kebon Kalapa Rt.01 Rw.02 Cisampang, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten
Lebak Provinsi Banten. kurangnya tenaga pendidik yang menyebabkan guru harus mengajar 2 kelas
dalam waktu yang bersamaan sehingga siswa kurang terkontrol dan bahkan masih banyak siswa belum
lancarmanbaca.TimPengabdianMasyarakatmelakukanobservasiterlebihdahulubaru
memperkenalkan metodeTeam Games Tournament,Numbered Head Togetherdan bimbingan belajar
pada para siswa untuk memotivasi mereka dalam belajar di tengah keterbatasan yang dimiliki. Siswa-
siswa dapat mengikuti proses pembelajaran yang diberikan dengan baik dan merasa senang dapat
belajar melalui metode yang ada. Kegiatan pengabdian semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi
masyarakat untuk membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan kesenjangan pendidikan di
sekolah yang ada di daerah tertinggal.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v9i1.17346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Dinamika