Sosialisasi Pentingnya Pendidikan untuk Mengurangi Tingkat Putus Sekolah di Desa Cibareno
Abstract
Tingginya angka putus sekolah dan rendahnya tingkat pendidikan Masyarakat Desa Cibareno menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKM Kelompok 78. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di Desa Cibareno terkait pentingnya pendidikan agar mampu memberikan pendidikan terbaik bagi generasi muda Cibareno. Kegiatan ini juga bertujuan agar terbentuk sinergisitas antara orang tua, guru-guru di sekolah, maupun Masyarakat. Kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan yang dilaksanakan di Aula Desa Cibareno, Kelurahan Cilograng, Kabupaten Lebak. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat atau orangtua, perangkat desa, guru-guru serta siswa SMP dan SMA sebagai remaja generasi emas Desa Cibareno. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah studi kasus. Kegiatan ini berlangsung melalui penyuluhan dan tanya jawab. Sebelum pelaksanaan kegiatan, dilakukan observasi lapangan, persiapan, dan sosialisasi rencana kegiatan kepada masyarakat desa. Pada saat pelaksanaan kegiatan, narasumber menyampaikan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Hasil kegiatan ini adalah adanya peningkatan pemahaman peserta terkait pentingnya pendidikan. Masyarakat juga jadi menyadari bahwa pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah. Peran pendidikan dapat terlaksana dengan baik bila ada peran dorongan atau motivasi dari orangtua, masyarakat atau lingkungan sekitar. Oleh karena itu, orang tua atau masyarakat perlu memotivasi anak-anaknya agar mempersiapkan masa depannya sehingga kelak dapat bertahan hidup di era yang penuh persaingan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Drishti IAS. (2023). Role of Family, Society and Educational Institutions in Inculcating Values. Retrieved from Drishti IAS.
Freire, P. (1970). Pedagogy of the oppressed. New York: Continuum.
Hanushek, E. A. (2015). The Knowledge Capital of Nations: Education and the Economics of Growth. Cambridge: MA: MIT Press.
Hermawan, R., & Kusniasari, S. (2023). Developing Strong Moral Values: Integrating Value and Character Education in Educational Context. International Journal of Research and Scientific Innovation, 10(9), 01-05.
Martinah, W., & Zulaiha, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Di Rumah Pada Murid Sdn 06 Pal 100 Bermani Ulu Raya Kab. Rejang Lebong. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 59-80.
Nurhasanah, N. (2017). Peran Masyarakat dalam Lembaga Pendidikan. Fondatia, 1(1), 61–67. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i1.87
Salam, S., Agustina, N. (2019). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat di Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, Conference on Research & Community Service. 211-218.
Safiq, M., Popi, K., dan Vinanda, R. (2024). Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Di Daerah Terpencil. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial. 198-208.
Sen, A. (1999). Development as Freedom. New York: Knopf.
SpringerLink. (2023). The importance of parents for key outcomes among socio-economically disadvantaged students: Parents’ role in emergency remote education. Retrieved from SpringerLink.
UNESCO. (2015). Education for All Global Monitoring Report 2015: Education for All 2000-2015: Achievements and Challenges. Paris: UNESCO.
UNESCO. (2016). Global Education Monitoring Report 2016: Education for People and Planet: Creating Sustainable Futures for All. Paris: UNESCO.
UNICEF. (2015). The Investment Case for Education and Equity. New York: UNICEF.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v11i1.28438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Dinamika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.