Pengenalan Tren Penelitian Literasi Sains bagi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan IPA di Salah Satu Universitas di Provinsi Mahasarakam, Thailand

Indah Juwita Sari, R. Ahmad Zaky El Islami, Muhammad Rafik

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan tren penelitian literasi sains bagi dosen dan mahasiswa Pendidikan IPA di salah satu universitas di Provinsi Mahasarakam, Thailand. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah studi kasus dengan teknik observasi. Partisipan dalam kegiatan ini adalah dosen dan mahasiswa Pendidikan IPA di salah satu universitas di Provinsi Mahasarakam, Thailand. Hasil dari kegiatan ini adalah definisi literasi sains menurut OECD (2023) adalah kemampuan individu untuk terlibat secara aktif dengan isu-isu yang berkaitan dengan sains dan ide-ide ilmiah, serta berfungsi sebagai warga negara yang reflektif. Selain itu, tren dan isu mengenai penelitian yang berkaitan dengan literasi sains dapat mengenai Pendidikan Bioinformatika untuk meningkatkan literasi STEM dan keterampilan berpikir komputasi melalui e-BIMO bagi calon guru Biologi abad ke-21. Direkomendasikan dosen dan mahasiswa Pendidikan IPA baik di Thailand, Indonesia, maupun negara lainnya memperbanyak penelitian literasi sains yang dikaitkan dengan isu-isu terkini seperti pendidikan STEM, pendidikan Bioinformatika, dan lain sebagainya.


Keywords


Literasi Sains; Dosen; Mahasiswa; Studi Kasus; Thailand

Full Text:

PDF

References


Asmuniv, A. (2015). Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM dalam Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner untuk Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). PPPPTK Boe Malang, 43(3), 1-10.

Asrizal. (2018). The Development of Integrated Science Instructional Materials to Improve Students’ Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4).

Asyhari, A. (2015). Profil peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179-191.

Aikenhead, G., & Orpwood, G. (2010). Scientific Literacy for A Knowledge Society. In Exploring the Landscape of Scientific Literacy (pp. 38-54). Routledge.

Cowden, C. D., & Santiago, M. F. (2016). Interdisciplinary Explorations: Promoting Critical Thinking Via Problem-based Learning in An Advanced Biochemistry Class. Journal of Chemical Education, 93(3), 464-469.

Czerniak, C. M., & Johnson, C. C. (2014). Interdisciplinary Science Teaching. In Handbook of Research on Science Education, Volume II (pp. 395-411). Routledge.

Damanik, E. L. (2020). Blended Learning: An Innovative Approach on Social Sciences at Indonesian Higher Education. Education Quarterly Reviews, 3(1).

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering, and Mathematic) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11- 22.

Dibner, K. A., & Snow, C. E. (Eds.). (2016). Science Literacy: Concepts, Contexts, and Consequences.

El Islami, R. A. Z. (2022). Development of Integrated STEM Approach to Improve Pre-service Science Teachers’ Scientific Literacy and Their Ability to Teach Scientific Literacy. Ph.D. Thesis. Kasetsart University, Bangkok, Thailand.

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5-9.

Khoerunnisa, U. (2022). Perspektif Guru Kimia Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Jakarta Barat terhadap Pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kustiarini, M. P., Purnamasari, V., Pd, S., Rosyadi, R. N., Wijayama, B., & Pd, S. (2024). Inovasi Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Mendukung Penguatan Life Skills Siswa SD/MI. Cahya Ghani Recovery.

Linda, F. (2022). Identifikasi Literasi Sains Peserta Didik Melalui Tes Program International Student Assesment (PISA) Berpendekatan Kearifan Lokal (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Maulidiawati, T., Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Strategi Local-Sosiosaintific Issues Dengan OE3C Instructional Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 1(5), 52-61.

Mukhopadhyay, C. S., Choudhary, R. K., & Iquebal, M. A. (2017). Basic Applied Bioinformatics. John Wiley & Sons.

Musthafa, M. M. A., & Surekha, P. M. (2014). Fostering Scientific Literacy Among Students Through Collaborative Problem Solving. International Research Journal of Management Sociology & Humanities, 5(3), 200-7.

Nisrina, N., Jufri, A. W., & Gunawan, G. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 192–199.

Parmin, P., Saregar, A., Deta, U. A., & El Islami, R. A. Z. (2020). Indonesian Science Teachers’ Views on Attitude, Knowledge, and Application of STEM. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 17-31.

Rahayu, S. (2017, October). Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY (Vol. 21, No. 4, pp. 183-188).

Roberts, D. A. (2013). Scientific Literacy/Science Literacy. In Handbook of research on Science Education (pp. 729-780). Routledge.

Scholz, R. W., & Binder, C. R. (2011). Environmental Literacy in Science and Society: from Knowledge to Decisions.

Schwichow, M., Zimmerman, C., Croker, S., & Härtig, H. (2016). What Students Learn from Hands‐On Activities. Journal of Research in Science Teaching, 53(7), 980-1002.

Septina, R & Akbariansyah. 2019. Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Tantangan Global di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Sunandar, A., Srihanaty, S., & Rahayu, H. M. (2022). Scientific Literacy Skills of State High School Students in Singkawang City. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 767-772.

Suwono, H., Rofi’Ah, N. L., Saefi, M., & Fachrunnisa, R. (2023). Interactive Socio-Scientific Inquiry for promoting Scientific Literacy, Enhancing Biological Knowledge, and Developing Critical Thinking. Journal of Biological Education, 57(5), 944-959.

Tabesh, Y. (2017). Computational Thinking: A 21st Century Skill. Olympiads in Informatics, 11(2), 65-70.

Zubaidah, S. (2019, September). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika dan Sains, September (pp. 1-18).




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v11i1.30034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.