Pemanfaatan Bioinfomatics Tools dalam Pembelajaran Genetika Bagi Dosen Pendidikan Biologi di Salah Satu Universitas Di Ternate
Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan bioinfomatics tools dalam pembelajaran genetika bagi dosen pendidikan biologi di salah satu Universitas di Ternate, Indonesia. Bioinformatics tools yang dikenalkan adalah Sequence Manipulation Suite (SMS) dan BLAST dari NCBI (National Center for Biotechnology Information). Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah studi kasus dengan teknik observasi. Partisipan dalam kegiatan ini adalah Dosen Pendidikan Biologi di salah satu Universitas di Ternate, Indonesia. Hasil dari kegiatan ini diperoleh bahwa Bioinformatics tools diantaranya adalah Sequence Manipulation Suite (SMS) dan BLAST dari NCBI (National Center for Biotechnology Information). Dapat disumpulkan bahwa pemanfaatan bioinfomatics tools seperti Sequence Manipulation Suite (SMS) dan BLAST dari NCBI (National Center for Biotechnology Information) dapat digunakan dalam proses pembelajaran genetika di kelas dalam pembelajaran genetika Abad 21 untuk mahasiswa pendidikan biologi. Direkomendasikan pemanfaatan bioinfomatics tools dalam proses pembelajaran genetika di kelas dalam pembelajaran genetika Abad 21 untuk mahasiswa pendidikan biologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abriata, L. A. (2017). Web apps come of age for molecular sciences. Informatics, 4(3). https://doi.org/10.3390/informatics4030028
Anzaldi, L. J., Muñoz-Fernández, D., & Erill, I. (2012). BioWord: A sequence manipulation suite for Microsoft Word. BMC Bioinformatics, 13(1). https://doi.org/10.1186/1471- 2105-13-124
Campbell, A., & Heyer, L. (2003). Discovering Genomics, Proteomics and Bioinformatics. BRIEFINGS IN FUNCTIONAL GENOMICS AND PROTEOMICS, 2(2), 2.
El Islami, R. A. Z., & Sari, I. J. (2023). Pengembangan Pendidikan Bioinformatika Berorientasi Literasi STEM Melalui e-BiMo untuk Calon Guru Biologi Abad ke-21. Laporan Penelitian.
Fatchiyah. (2015). Prinsip Dasar Bioinformatika. Bandung: UB Press. http://science.lecture.ub.ac.id/files/2012/04/mengenal-NCBI.pdf
Indonesian Department of National Education, I. D. o. N. E. (2003).
Pelayanan Profesional Kurikulum 2004 Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas
Ismail, H. D. (2022). Basic Local Alignment Search Tool. Bioinformatics, 7(11), 407–452. https://doi.org/10.1201/9781003226611-8
Liem, I. (2018). Computational Thinking & Bebras Indonesia. In Software Architecture Conference (pp. 1-25).
Machluf, Y., & Yarden, A. (2013). Integrating bioinformatics into senior high school: design principles and implications. Briefings in Bioinformatics, 14(5), 648-660. doi:10.1093/bib/bbt030
Zulkifli, L., Hadisaputra, S., & Armyani, I. A. P. (2021). Penggunaan Bioinformatika dalam Pembelajaran Sains Untuk Menyelesaian Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Genetika di SMPN 20 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 290-295.
Ningrum, D. E. A., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Pendekatan bioinformatika berbasis penelitian analisis profil protein carbonic anhydrase II yang berpotensi sebagai kandidat penyebab autis untuk variasi pembelajaran matakuliah bioteknologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 28-35.
Nurfadillah, A., Amir, N. I., Asrun, B., Firani, L. S., & Bunga, J. (2023). Pengenalan Bioinformatika , Aplikasi dan Database pada Siswa-Siswi SMK Laniang Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 108–114. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1702
Porter, S. G., Day, J., McCarty, R. E., Shearn, A., Shingles, R., Fletcher, L., . . . Campbell, A. M. (2007). Exploring DNA Structure with Cn3D. CBE—Life Sciences Education, 6(1), 65-73. doi:10.1187/cbe.06-03-0155
Pradana, S. M., Apsari, G. R., Adawiyah, R., Linatari, M. A., & Rahmayadi, D. (2019). Program Pengajaran Sequence Alignment Berbasis Bioinformatika di MA Matholi’ul Anwar Lamongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 101–106.
Pratiwi, R. D., Pratiwi, R. H., & Noer, S. (2018). PENINGKATAN KOMPENTENSI GURU BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI BIOINFORMATIKA. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol, 1(01).
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Sari, I. J., Vongsangnak, W., & Pongsophon, P. (2022). The Effect of Bioinformatics Module on Molecular Genetics Concepts on Senior High School Students' Computational Thinking Skills. Shanlax International Journal of Education, 10(2), 9-17.
Sindiya, V., Mukarramah, L., Rohimah, S., Al GhifariPerwitasari, D., & Su’udi, M. (2018). STUDI IN SILICOPOTENSI DNA BARCODEPADA ANGGREK LANGKA Paphiopedilum. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i1.1250
Stothard, P. (2000). The Sequence Manipulation Suite: JavaScript programs for analyzing and formatting protein and DNA sequences. Biotechniques, 28, 1102–1104
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v11i2.30036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Dinamika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.