HUBUNGAN KECAKAPAN VOKASIONAL KHUSUS DENGAN KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN TATA BOGA
Abstract
HUBUNGAN KECAKAPAN VOKASIONAL KHUSUS
DENGAN KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN TATA BOGA
Hilma Fitriah, Nandang Faturohman,Dadan Darmawan
Pendidikan Non Formal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
[email protected], [email protected], [email protected]
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kecakapan Vokasional Khusus dengan Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Tata Boga. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 115 peserta. Sample adalah 89 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik teknik wawancara terstruktur, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut Terdapat hubungan antara kecakapan vokasional khusus dengan kesiapan kerja peserta pelatihan tata boga, hal ini dibuktikan dari taraf signifikansi < 5% dan nilai r hitung lebih besar dari r tabel, yaitu : 2,856 > 1,988, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun untuk nilai R = 0,739 dan R sangat kuat, positif, dan signifikansi dalam hubungan kecakapan vokasional khusus dengan kesiapan kerja peserta pelatihan tata boga.
Kata kunci: Produk bakery, Produk Pasrty
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anas, Sudijono. 2011. Pengantar statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Anwar. 2012. Pendidikan kecakapan hidup. Bandung : Alfabeta.
_. 2015. Pendidikan kecakapan hidup (life skill education). Bandung : Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (edisi revisi 2010). Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Azwar, saifudin. 2012. Metode penelitian. Yogyakarta : pustaka pelajar.
Basri, hasan. 2015. Manajemen Pendidikan dan pelatihan. Bandung : pustaka setia.
Billet, Stephen. 2011. Vocational education purposes, traditions and prospects. New York : springer science.
Creswell, J. 2014. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Yogyakarta : pustaka pelajar.
Damasanti, I. A. R. 2013. Kesiapan kerja ditinjau dari motivasi kerja, sikap kewirausahaan dan kompetensi keahlian busana wanita pada siswa SMKN. 2(2). 114-124.
Darmawan, Dadan, 2016 Kompetensi instruktur dan efeknya terhadap kecakapan vokasional peserta pelatihan. 1(2). 107-120.
_. 2016. Penerapan model pelatihan on the job training (magang) dalam pelatihan otomotif yang diselenggarakan oleh balai pelayanan Pendidikan nonFormal provinsi banten. 1(1). 166-174.
Imron, Nur Alim (2014). Pengaruh Kecakapan Akademik dan Kecakapan Vokasional Terhadap Persiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Bunda Satria Wangon.
Junaidi, Nia. (2018). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. 1 (2)
Kamil, Mustofa. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Marzuki, Saleh.(2010). Pendidikan Non Formal. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i1.11425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung