MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA TUNARUNGU YANG MEMILIKI ANAK MENDENGAR
Abstract
MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA TUNARUNGU YANG
MEMILIKI ANAK MENDENGAR
2016
Etty Hasmayati
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada tahun 2016. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan model komunikasi orang tua tunarungu yang memiliki anak mendengar. Penelitian dilaksanakan selama tiga tahun. Tahun pertama yaitu mengidentifikasi karakteristik orang tua tunarungu, identifikasi pola komunikasi yang terjadi antara anak yang mendengar dengan orang tua tunarungu, mengkaji secara teori model komunikasi orang tua tunarungu dengan anak mendengar. Metode penelitian meng-gunakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2008), yang terdiri dari tiga tahapan sebagai berikut: tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap implementasi. Teknik analisa data menggunakan deskritif untuk data kwalitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: telah tersusunnya kajian tentang karakteristik orang tua tunarungu, telah terindentifikasi pola komunikasi yang terjadi anatara anak yang memiliki pendengaran dengan orang tua tunaungu, telah tersusunnya draf model komunikasi orang tua tunarungu dengan anak yang memiliki pendengaran normal.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdul Chaer. Psikolinguistik. PT. Rineka Citra. Jakarta. 2009.
Alo Liliweri, Komunikasi Verbal Dan Non Verbal, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1994.
Ali Akbar, Merawat Cinta Kasih, Pustaka Antara: 1976.
Depdiknas, USPN, 2004
Bimo Walgito, Psikologi Sosial Suatu Pengantar.
Colin Robson, Real World Research A Resource For Sosial Scientists and Practitioner Researchers Second Edition 2002
Dani Vardiansyah, Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Jakarta: Gramedia. 2005.
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Definisi Dan Fungsi Komunikasi, 2008. www.blog.poltek-malang.ac.id
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, Edisi 3, 2002.
Edja Sadjaah. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran Dalam Keluarga. Departemen Pendidikan Nasional Dirjen. Pendidikan Tinggi. Jakarta: 2003
Hafidhudin, Didin. Dakwah Aktual, Jakarta, Gema Insani Press, 1998.
Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Heward & Orlansky, Exeptional Children, Columbus: Merril Publishing Company, 1988
John W. Santrock. Child Development, Eleventh Edition.Perkembangan Anak. Alih Bahasa: Mila Rachmawati, Anna Kuswati. Erlangga. Jakarta: 2007.
Lani Bunawan dan Cecilia Susila Yuwati, Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu.
Lani Bunawan, Komunikasi Total. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Tenaga Akademik, 1997.
Linda Campbell, et.al., Multiple Intellegences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan, Depok: Inisiasi Press, 2002.
Merylin Friend, Special Education, New York : Dearson, 2005
Martini Jamaris, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Yayasan Penamas Murni. 2010.
Moekijat, Teori Komunikasi, Bandung: Mandar Maju, 2008.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Permanarian Somad dan Tati Herawati, Ortopedagogik Anak Tunarungu, Bandung: Depdikbud Ditjen Dikti, 1993.
Saifuddin Azwar, Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, Edisi 2, 2008.
Somad Permanarian & Tati Herawati, Ortopedagogik Anak Tunarungu, Bandung: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. 1996.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Bandung. 2008.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta Bandung, 2009.
Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia, 2004.
Zulkipli, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
http://id.wikipedia.org/wiki/Anak Berkebutuhan Khusus
http://id.wikipedia.org/wiki/Hearing Impairment
http://www.who.int/topcs/deafness/en/
www.meiliemma.wordpress.com Pengantar Ilmu Komunikasi, 2006.
www.wordpress.com Perkembangan Bahasa Anak Pra Sekolah, 2010
www.commfiles.com
Mengapa Kita Berkomunikasi, 2007
http:/id,Wikipedia,org/wiki/pendd..
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung