HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS KARANGAN PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG
Abstract
HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS KARANGAN PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C
DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG
Liza Ta’atiah Insani Rahayu
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah terdapat hubungan minat membaca dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang? (2) ) Apakah terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang? (3) ) Apakah terdapat hubungan minat membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan minat membaca dengan hasil belajar materi menulis karangan; (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan; (3) hubungan minat membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian kuantitatif deskriptif juga dapat dilakukan untuk mencari kuatnya hubungan antara variabel melalui penelitian korelasi. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, di mana penelitian ini mencoba meneliti hubungan antara variabel-variabel yaitu minat membaca sebagai variabel (X1), motivasi belajar sebagai variabel (X2) dan hasil belajar materi menulis karangan sebagai variabel (Y). Instrumen yang dipakai pada penelitian ini berupa angket untuk menilai minat membaca (X1) dan motivasi belajar (X2) pada warga belajar serta tes untuk menilai hasil belajar (Y) pada warga belajar.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang siginifikan antara minat membaca dengan hasil belajar materi menulis karangan dengan rhitung (0,400) yang lebih besar dari pada rtable (0,361), koefisien korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (10,083) lebih besar dari pada harga ttable (1,701); (2) terdapat hubungan yang siginifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan dengan harga rhitung (0,442) yang lebih besar dari pada rtable (0,361), koefisien korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (8,392) lebih besar dari pada harga ttable (1,703); (3) terdapat hubungan signifikan antara membaca dan motivasi belajar secara bersama- sama dengan hasil belajar materi menulis karangan dengan Ry(1,2) sebesar 0,492, koefisien korelasi signifikansi dengan uji-F diperoleh Fhitung = 4,321 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,33 maka Fhitung> Ftabel, pada taraf nyata α = 0,05.
Dengan meninjau hal-hal di atas, dapat diketahui bahwa minat membaca dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan sehingga perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut sebagai pengembangan agar dapat membantu dan menunjang dalam meningkatkan hasil belajar materi menulis karangan warga belajar PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang
Kata kunci: minat membaca, motivasi belajar, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Djiwandono, M. Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
E, Smaldino, Sharon. Et. All. 2011. Instructional Technology & Media, Teknologi Pembelajaran & Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo
Fauziyah, Risqi, Ika, dkk. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa PGSD UPP Tegal Untuk Membaca Buku di Perpustakaan PGSD UPP Tegal. Laporan Penelitian Institusional Universitas Negeri Semarang
H. Idris, Meity, dkk. 2014. Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hasan, Alwi dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka
Hasani, Aceng. 2004. Ikhwal Menulis. Serang: Untirta Press
Iskandar. 2009. Psikologi (Sebuah Orientasi Baru). Ciputat: Gaung Persada Pers
Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal, Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dan Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta Karya Nusa
Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X Jakarta: Erlangga
Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Masrupi. 2014. Metodologi Penelitian. Serang: Untirta Press.
Mikarsa, Hera, Lestari, dkk. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Muslich, Masnur. 2011. Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama
Nasution. 2006. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rachman, abd. dkk. 1985. Minat Baca Sekolah Dasar di Jawa Timur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosda.
Riduwan dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Roesma, Lili. 1994. Minat Baca Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Saddono, Kundaru, dkk. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sadirman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pers Jakarta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Remaja Karya
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, Djudju. 2010.Pendidikan Nonformal. Bandung: Nusantara Press
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wiyanto, Asul. 2012. Kitab Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Umum. Jogjakarta:: Galangpress
Faturohman, Nandang. 2006. Kemampuan Memahami Teks Berbahasa Arab dan Hubungannya dengan Penguasaan Kosakata dan Motivasi Membaca. Jurnal. Serang: Litera FKIP Untirta.
Ria Satini, Atmazaki, Abdurahman. 2013. Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jurnal. Padang: Universitas Negeri Padang
Yuliani, Eka. 2014. Korelasi Penguasaan Kosakata dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Memahami Wacana Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Palembang. Jurnal. Serang: Logat FKIP Universitas Sriwijaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung