EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PERBENGKELAN MOBIL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEKANIK PADA PESERTA PELATIHAN DI BPPNF PROVINSI BANTEN
Abstract
EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PERBENGKELAN MOBIL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEKANIK PADA PESERTA PELATIHAN DI BPPNF PROVINSI BANTEN
Wulan Febriyanti
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui (1) Pengelolaan pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provinsi Banten, (2) Efektivitas pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provisi Banten, (3) Faktor pendukung dan penghambat pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provisi Banten.
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam pelatihan ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: (1) observasi, (2) wawancara (3) studi dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data, dan verifikasi.
Sebagai akhir pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut: (1) Pengelolaan dalam pelatihan perbengkelan mobil ini menggunakan teori POAC. Pertama yaitu perencanaan, terdapat identifikasi masalah, tujuan pelatihan, pemilihan tutor, membuat kurikulum, penyusunan materi, pembuatan sumber belajar, menyiapkan sumber dana dan persyaratan peserta. Kedua adalah pengorganisasian, yaitu pembentukan panitia pelaksana kegiatan. Ketiga adalah pelaksanaan yang dilakukan dengan pengiriman surat, pendaftaran peserta, susunan acara pelatihan, upacara pembukaan dan penutupan dan keempat adalah evaluasi yang dilakukan dengan memberikan pre-test, post-test dan ujian akhir. (2) Efektivitas pada pelatihan dalam meningkatkan keterampilan mekanik ada lima unsur pertama yaitu ketepatan penentuan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan dalam pengukuran, ketepatan menentukan tujuan dan ketepatan sasaran. Hasil akhir yang didapat dari peserta pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik sebesar 6 orang berhasil dan sisanya 4 orang bisa dikatakan tidak sesuai harapan dan dari kelima unsur tersebut, empat diantaranya sudah terpenuhi, maka pelatihan perbengkelan mobil ini bisa dikatakan efektif. (3) Faktor pendukung dalam pelatihan ini adalah tutor/instruktur yang dipilih dalam pelatihan ini sudah ahli dan berpengalaman dibidang perbengkelan, sarana dan prasarana pada pelatihan ini cukup memadai dan biaya dalam pelaksanaan pelatihan perbengkelan ini sudah terjamin, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan motivasi peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dikarenakan kurang tepatnya dalam pemilihan sasaran.
Kata Kunci : Efektivitas, Perbengkelan Mobil.Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsini, 2007, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasibuan, M (1994), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. CV. Haji Masagung.
Joesoef, Soelaiman. 1992. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Surabaya: Bumi Aksara.
Kurniawan, Agung, 2005, Efektivitas Model Pembelajaran. Jakarta: Cipta Utama.
Kamil, Mustofa, 2010, Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta
Makmur, 2011. Efektifitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan, Bandung : PT. Refika Aditama
Mathis, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Mangkunegara, 2005, Evaluasi Kinerja. Bandung: Refika Aditama
Ndraha, 2005, Teori Efektivitas, Jakarta: Pustaka Belajar
Paul, G, Predman, 2001, Training Strategies, New York: International Edition.
Robbins, 2000, Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arcan
Siagan, Sondang, P, 2001, Teori Motivasi dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Siluka, 2000, Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Fakultas Psikologi UNPAD
Subagyono, 2000, Hubungan Efektivitas Dalam Perspektif Sejarah. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Djudju, 2004, Manajemen Program Pendidikan, Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
Sumaryadi, I. Nyoman, 2005, Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Cipta Utama
Supriyono, 2000, Evaluasi Program Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.
Streers, 2000, Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga
Tayibnakis, 2000, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Pedoman Pelatihan Perbengkelan Mobil Mekanik BPPNF Provinsi Banten
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Fokus Media.
http://lib.unnes.ac.id/6843/1/8507.pdf
http://pendidikanluarsekolahunp.blogspot.co.id/2011/06/konsep-pendidikan-luar-sekolah.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Perbengk
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung