EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PERBENGKELAN MOBIL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEKANIK PADA PESERTA PELATIHAN DI BPPNF PROVINSI BANTEN

Wulan Febriyanti

Abstract


EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PERBENGKELAN MOBIL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEKANIK PADA PESERTA PELATIHAN DI BPPNF PROVINSI BANTEN

 

Wulan Febriyanti

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

ABSTRAK

 

Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui (1) Pengelolaan pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provinsi Banten, (2) Efektivitas pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provisi Banten, (3) Faktor pendukung dan penghambat pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik di balai pelayanan pendidikan non formal Provisi Banten.

                Metode penelitian yang digunakan penulis dalam pelatihan ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: (1) observasi, (2) wawancara (3) studi dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data, dan verifikasi.

                Sebagai akhir pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut: (1) Pengelolaan dalam pelatihan perbengkelan mobil ini menggunakan teori POAC. Pertama yaitu perencanaan, terdapat identifikasi masalah, tujuan pelatihan, pemilihan tutor, membuat kurikulum, penyusunan materi, pembuatan sumber belajar, menyiapkan sumber dana dan persyaratan peserta. Kedua adalah pengorganisasian, yaitu pembentukan panitia pelaksana kegiatan. Ketiga adalah pelaksanaan yang dilakukan dengan pengiriman surat, pendaftaran peserta, susunan acara pelatihan, upacara pembukaan dan penutupan dan keempat adalah evaluasi yang dilakukan dengan memberikan pre-test, post-test dan ujian akhir. (2) Efektivitas pada pelatihan dalam meningkatkan keterampilan mekanik ada lima unsur pertama yaitu ketepatan penentuan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan dalam pengukuran, ketepatan menentukan tujuan dan ketepatan sasaran. Hasil akhir yang didapat dari peserta pelatihan perbengkelan mobil dalam meningkatkan keterampilan mekanik sebesar 6 orang berhasil dan sisanya 4 orang bisa dikatakan tidak sesuai harapan dan dari kelima unsur tersebut, empat diantaranya sudah terpenuhi, maka pelatihan perbengkelan mobil ini bisa dikatakan efektif. (3) Faktor pendukung dalam pelatihan ini adalah tutor/instruktur yang dipilih dalam pelatihan ini sudah ahli dan berpengalaman dibidang perbengkelan, sarana dan prasarana pada pelatihan ini cukup memadai dan biaya dalam pelaksanaan pelatihan perbengkelan ini sudah terjamin, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan motivasi peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dikarenakan kurang tepatnya dalam pemilihan sasaran.

Kata Kunci : Efektivitas, Perbengkelan Mobil.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini, 2007, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasibuan, M (1994), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. CV. Haji Masagung.

Joesoef, Soelaiman. 1992. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Surabaya: Bumi Aksara.

Kurniawan, Agung, 2005, Efektivitas Model Pembelajaran. Jakarta: Cipta Utama.

Kamil, Mustofa, 2010, Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta

Makmur, 2011. Efektifitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan, Bandung : PT. Refika Aditama

Mathis, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Mangkunegara, 2005, Evaluasi Kinerja. Bandung: Refika Aditama

Ndraha, 2005, Teori Efektivitas, Jakarta: Pustaka Belajar

Paul, G, Predman, 2001, Training Strategies, New York: International Edition.

Robbins, 2000, Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arcan

Siagan, Sondang, P, 2001, Teori Motivasi dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Siluka, 2000, Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Fakultas Psikologi UNPAD

Subagyono, 2000, Hubungan Efektivitas Dalam Perspektif Sejarah. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Djudju, 2004, Manajemen Program Pendidikan, Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production

Sumaryadi, I. Nyoman, 2005, Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Cipta Utama

Supriyono, 2000, Evaluasi Program Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.

Streers, 2000, Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga

Tayibnakis, 2000, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Pedoman Pelatihan Perbengkelan Mobil Mekanik BPPNF Provinsi Banten

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Fokus Media.

http://lib.unnes.ac.id/6843/1/8507.pdf

http://pendidikanluarsekolahunp.blogspot.co.id/2011/06/konsep-pendidikan-luar-sekolah.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Perbengk




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung