PENYULUHAN BINA KELUARGA BALITA TENTANG PENDIDIKAN KELUARGA DI UPTD PPKB JUNTINYUAT, INDRAMAYU

Tika Istigfarin, Dayat Hidayat, Dadang Danugiri

Abstract


PENYULUHAN BINA KELUARGA BALITA TENTANG PENDIDIKAN KELUARGA DI UPTD PPKB JUNTINYUAT, INDRAMAYU


1Tika Istigfarin, 2Dayat Hidayat, 3Dadang Danugiri


1,2,3 Program Studi Pendidkan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang


1tikaistigfarin@gmail.com, 2dayathidayat194@yahoo.com, 3danugiridadang@gmail.com


ABSTRAK




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses penyuluhan Bina Keluarga Balita tentang Pendidikan Keluarga di UPTD PPKB Juntinyuat. (2) Partisipasi masyarakat dalam mengikuti penyuluhan Bina Keluarga Balita (BKB). Narasumber dari penelitian ini diantanya adalah Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), kader dan ibu balita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik dan alat pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dengan meggunakan teknik observasi partisipan, observasi tidak terstruktur dan observasi kelompok, peneliti juga melakukan wawancara mendalam, dan untuk melengkapi data penelitian, peneliti melakukan studi dokumentasi. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra lapangan, tahap lapangan, dan tahap analisis data. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Sehingga hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) proses penyuluhan Bina Keluarga Balita (BKB) tentang pendidikan keluarga mencakup: latar belakang pentingnya program penyuluhan BKB tentang Pendidkkan Keluarga, tujuan dari program penyuluhan, langkah langkah atau proses pelaksanaan penyuluhan, materi atau bahan ajar saat penyuluhan, media ajar yang digunakan saat penyuluhan, dan teknis evaluasi program penyuluahn. (2) Partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan penyuluhan mencakup: Partisipasi ibu balita dalam mengikuti kegiatan penyuluhan, motivasi ibu balita dalam mengikuti kegiatan penyuluhan, respon dari ibu balita terhadap kegiatan penyuluhan, dan perkembangan ibu balita setelah mengikuti kegiatan penyuluhan.


Kata Kunci: Penyuluhan, Bina Keluarga Balita, Pendidikan Keluarga

Full Text:

PDF

References


BKKBN Kampung KB. 2018. “Pembinaan kader bkb” diakses 4 Januari 2021. Melalui https://kampungkb.bkkbn.go.id/postSlider/9472/32763.

Hartono. 2012. “Pengantar metodologi Penelitian Kesehatan”. UPT penerbitan dan Percetakan UNS (UNS press)

Okriyanto. 2016. “Partisipasi keluarga anggota bina keluarga balita (bkb) dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun”. Jurnal Kependudukan Indonesia Vol.11

Rompies, J.K. 2020. “Apa itu Bina Keluarga Balita dan Program dalam Membina Anak?”. Diakses 4 Januari 2021. Melalui https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/jemima/apa-itu-bina-keluarga-balita-dan-program-dalam-membina-anak/6

Niken, dkk. 2014. “pelatihan peningkatan pengetahuan, keterampilan pada ibu dan kader dalam mendeteksi tumbuh kembang balitanya melalui bina keluarga balita di kel. Manyaran Semarang”. Jurnal Keperawatan Anak , 2(1): 24-27.

Maulidta, dkk. 2013. “Upaya peningkatann pengetahuan dan ketrampilan dalam mendeteksi dan stimulasi dini tumbuh kembang anak bagi kader posyandu di Puskesmas Manyaran Semarang”. Publikasi Ilmiah UMS

Liliek, dkk. 2017. “Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini”. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.

Muljono, Pudji. 2007. “Learning society, penyuluhan dan pembangunan bangsa”. Jurnal Penyuluhan. 55-62.

Jailani, M.S. 2014. “Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Islam 246-260.

Wahy, Hasbi. 2012. “Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 245-258.

Tandafu, M.C. 2016. “Kajian pola tata ruang kampung adat Bena di desa Tiworiwu Kabupaten Ngada”. S2 thesis UAJY.

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Praktis dan Teoretis, Banda Aceh: Remaja Rosda Karya 1995

Melyantari, dwi pipin .2018 .”Perbedaan tingkat pengetahuan orangtua mengenai bad oral habit anak antara sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode ceramah menggunakan powerpoint.” Repository UMY.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaktitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Kawasati Rizky, Iryana. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif”: Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong.

Pratiwi, K.D. 2013. “Kajian Visual Kriya SPUN Bambu Desa Somagede Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Jawa Tengah”. Repository Upi Edu.

Ali, Rahman. 2011. “Penerapan metode tasmur untuk meningkatkan prestasi hafalan santri pada pembelajaran tahfidzul qur'an di pondok pesantren asy-syifa' muhammadiyah bambanglipuro bantul”. Repository UMY.

Damayanti, Alny. 2014. “Analisis transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di masjid kampus : Studi pada Masjid Perguruan Tinggi Negeri di Bandung”. Repository Upi Edu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2.12892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung