PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SMALL STEP SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI LEMBAGA biMBA AIUEO (Studi Kasus di biMBA AIUEO Nagasari Kabupaten Karawang)
Abstract
Bertujuan mendeskripsikan proses serta hasil metode pembelajaran small step system lembaga pendidikan anak usia dini nonformal. Konsep Abdurrahman Ginting (2014:42) “cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber daya terkait lainnya agar terjadi proses pembelajaran pada diri peserta didik.”. Pedekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian satu orang kepala lembaga, satu orang guru, dan perwakilan dua orang tua peserta didik biMBA AIUEO Nagasari Karawang. Hasil penelitian, Proses pembelajaran diawali stimulus, peserta didik diberikan modul – modul yang berisikan soal membaca, menghitung, menulis dan mewarnai dikerjakan berulang secara cepat dan tepat sampai terampil. Hasil metode pembelajaran small step system peningkatan minat baca dan kemampuan belajar peserta didik dalam membaca, menghitung dan menulis. Analisa penelitian yang diperoleh terdapat dua tahapan dalam proses pembelajaran, memfokuskan pada kemauan minat belajar peserta didik, kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik berkembang. Kesimpulan peserta didik dapat memiliki minat baca dan belajar sejak dini sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Saran lembaga membuat laporan perkembangan anak masuk di aplikasi komputer.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Small Step System, Minat Baca, biMBA AIUEO.
Full Text:
PDFReferences
Adam, A. A. (2020). Pendampingan Belajar Dengan Metode Bimba Sebagai Solusi Mengatasi Permasalahan Belajar Anak Usia Dini Di Rt 02 Rw 02 Desa Setrojenar. lapkknunnes. Dipetik 14 Juni 2021 dari https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes
AIUEO, b. (2019, April 11). 5 Cara Kenali Karakter Minat Baca Anak. Dipetik Maret 31, 2021, dari bimba-aiueo.com: http://bimba-aiueo.com/5-cara-kenali-karakter-minat-baca-anak/
AIUEO, b. (2019, November 27). Pentingnya Memahami Paradigma Bimba. Dipetik Desember 21, 2020, dari bimba-aiueo.com: http://bimba-aiuo.com/pentingnya-memahami-paradigma-bimba/
AIUEO, b. (2019). Tentang biMBA AIUEO. Dipetik Juni 7, 2021, dari bimbaaiueo.com: https://bimba-aiueo.com/tentang-bimba-aiueo/
Ginting. (2009, Februari). Prinsip - Prinsip Menentukan metode Pembelajaran. Dipetik Januari 04, 2021, dari www.inspiredkidsmagazine.com: http://www.inspiredkidsmagazine.com/ArtikelEducation.php?artikelID
Ginting, A. (2014). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. (edisi revisi). Bandung: Humaniora.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musa, S. (2005). Evaluasi Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat. Sinta Indonesia.
Purwasih, A. V. (2019). Hubungan Penerapan Pembelajaran Individual System Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 5 – 6 Tahun Di biMBA AIUEO Condrokusumo Semarang. Semarang: lib.unnes.ac.id.
Shofiah, U. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda. repository.metrouniv.ac.id. Dipetik Juni 8, 2021, dari https://repository.metrouniv.ac.id/
Sudjana, D. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta.
Yulia, A. (2005). Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. PT Elex Media Komputindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung