PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (STUDI KASUS DI PAUD FEDUS KABUPATEN BEKASI)
Abstract
Penelitian tersebut dilatar belakangi dimana pengetahuan guru dan masyarakat yang masih kurang dan belum efektif atau belum tepat dalam pengembangan pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Fedus. Tujuan penelitian ini ingin memperoleh suatu gambaran mengenai tentang suatu perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan memberika hasil metode bercerita dalam pengembangan pendidikan karakter anak usia dini. Adapun landasan teorinya dari penelitian ini dimana merujuk atau mengarahkan pada: Konsep-konsep pendidikan karakter pada anak usia dini, Bercerita dengan menggunakan metode bercerita, metode bercerita dalam pendidikan karakter dan serta Konsep APE yang dalam kaitannya dengan menggunakan metode bercerita. Pendekatan ini yang biasa digunakan untuk penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan cara pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan serta dokumentasi. Selanjutnya yang dapat dilakukan triangulasi untuk dapat meminimalkan akan terjadinya bias dan untuk meningkatkan suatu reabilitas dan validitas data yang akan diperoleh. Subjek penelitian ini merupakan dari Pengelola Paud, Guru Paud, dan serta Peserta didiknya. Sedangkan lokasi penelitian tersebut yang ada di Paud Fedus dan yang beralokasikan atau beralamat disalah satu paud yang berada di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Adapun hasil penelitian ini ialah a). perencanaan dalam pengembangan karakter melalui metode bercerita dimana direncanakan pada awal tahun ajaran yang disusun oleh KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang dimana didalamnya terdapat suatu rencana suatu kegiatan mingguan dan rencana kegiatan harian (RKM dan RKH). b). pelaksanaan pada metode bercerita berlangsung dilaksanakan pada saat pembelajaran secara daring, dimana pelaksanaan dalam metode bercerita penelitian dilakukan sebanyak 3 kali. c). penilaian ini dalam menggunakan metode bercerita yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam belajar mengajar. d). hasil dalam suatu pengembangan pendidikan karakter dengan menggunakan metode bercerita ini akan lebih efektif apabila dilakukan dengan pembiasaan. Adapaun tujuannya disini ialah supaya anak dapat mempraktekan secara langsung apa saja nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dan dapat terbiasa dalam melakukan hal-hal yang baik dengan harapan nilai tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan anak. Adapun disini kesimpulannya ialah nilai-nilai pada karakter dasar yang penting pada anak seperti disiplin, bertanggung jawab, serta kemandirian pada anak dapat ditingkatkan lagi dengan menggunakan metode bercerita. Hal tersebut akan terus berjalan untuk menjadi lebih baik, apabila pada setiap peserta didik memiliki minat dan bakat serta mendapatkan motivasi dalam mengembangkan suatu karakter, serta mendapatkan dukungan dan kerjasama dari orang tua dan guru tersebut. Rekomendasi untuk pengelola dan guru ialah meningkatkan suatu pemahaman terhadap suatu materi cerita dan peningkatan dalam kreatifitas dalam pembuatan APE yang bahannya tersebut dapat dengan mudah yang berada disekitar lingkungan sebagai alat penunjang dalam penyajian materi cerita menjadi menarik, bermanfaat dan bermutu.
Kata Kunci: Pengembangan Karakter, Metode Bercerita
Full Text:
PDFReferences
Dr. Dharma Kesuma, M.Pd. dkk., (2011). Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Muhammad Fadlillah & Lilif Khorida (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Taksonomi Bloom wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom
Dirjen PAUDNI, Kemendiknas (2012), Pedoman Pendidikan Karakter Pada PAUD
Musfiroh, Tadkiroatun 2005, Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Jakarta;Depdiknas
Suyanto, S (2005), Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta; Depdiknas,Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009
Dr. Dharma Kesuma, M.Pd. dkk., (2011). Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung