PARTISIPASI PEREMPUAN TERHADAP PROGRAM PEMBINAAN PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2WKSS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Perempuan terhadap Program Pembinaan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dimana hasil yang diperoleh yaitu dari data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu Pendamping program P2WKSS dan perempuan peserta P2WKSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam program terpadu peningkatan peran wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKS) diantaranya Pengembangan Partisipasi, bentuk-bentuk partisipasi masyarakat, Tahapan Partisipasi, Tingkat Kesukarelaan Partisipasi, Kondisi Pendorong Partisipasi, program Pembinaan Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) dan Capaian program P2WKSS.
Kata Kunci : Partisipasi, Pembinaan, Peningkatan peranan Wanita.
Full Text:
PDFReferences
Huraerah, Abu. 2011. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat ( Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan). Bandung: Humaniora
Isbandi, Rukmianto Adi. 2003. Pemberdayaan, pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI
Kader Pemberdayaan Masyarakat. 2010. Direktorat Jendral pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Jakarta: Kemendagri
Krisnadwipayana, Louisa Yesami. 2018. Perempuan, HAM dan Permasalahannya di Indonesia. Binamulia Hukum, Vol. 7, No. 1
Moleong, Lexy J.. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya
Pedoman Pelaksanaan P2WKSS. 2011. BKKBN. Jakarta: Kemenkes
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung