KETELIBATAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA SUKARATU KECAMATAN CIKEUSAL KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN

Herlina Siregar, Dadan Darmawan, Ahmad Fauzi

Abstract


Pembelajaran di era new normal mengharuskan anak untuk belajar secara online di rumah sehingga mengaharuskan orang tua untuk terlibat dalam belajar anak agar dapat mendampingi agar anak tetap semangat selama pembelajaran di era new normal. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: (1) keterlibatan orang tua pada pembelajaran di era new normal, (2) motivasi belajar anak usia sekolah dasar pada era new normal, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua pada pembelajaran di era new normal dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia sekolah dasar di Desa Sukaratu. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitiatif. responden terdiri dari 11 orang tua dan 11 anak usia sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian (1) adanya keterlibatan orang tua pada pembelajaran di era new normal yaitu: menyediakan sarana prasaran; mendampingi anak belajar, membantu anak saat kesulitan dan mengingatkan tugas; memberikan kata penyemangat, pujian, nasihat, hadiah dan hukuman (teguran). (2) Motivasi belajar anak pada pembelajaran di era new normal dilihat dari ketekunan, keuletan, minat dan rasa bosan pada tugas rutin. (3) Adapun faktor yang mempengaruhi yakni kerjasama antar keluarga, ketegasan orang tua, kondisi anak, kesibukan orang tua, keadaan lingkungan sekitar, kondisi ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua.

Full Text:

PDF

References


Adijaya, Nuryansah dan Santosa, Puji. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. 10(2).

Firman dan Rahayu, Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Jurnal Of Science (UES), 02(02), 82

Kuntarto, Eko. (2017). Keefektifan Model Pembelajarn Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 101

Menheere, A., & Hooge, E. (2010). Parental involvement in children’s education: A reviewstudy about the effect of parental involvement on children’s school education with a focus on the position of illiterate parents. Journal of the European Teacher Education Network JETEN

Oemar, Rosmaria et al. (2017). Parental Involvement Achievment Motivation: Association with Studens’ Achievment in Vocational Colleges, Malaysia. International Journal of Academic Research in Bussines and Social Science, Vol 07, special issue

Pradipta, Galuh Amithya. (2013). Keterlibatan Orangtua dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini Pada Anak Usia Paud di Surabaya. Jurnal Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Schunck, et al. (2010). Motivation in Education: Theory, Reseach and Aplication. (3rd ed) New Jersey: Pearson Education inc Selfia, S et al. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 209

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumantri, M. dan Syaodih, N. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta

Tolada, Titis. (2012). Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDIT Permata Hari Banjar Negara. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.A.Z, Mulyana. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: PT. Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i2.23385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung