PROSES PEMBELAJARAN DALAM PEMBERDAYAAN IBU-IBU MUDA DI HOME INDUSTRY SUSU KEDELAI SOYA BRINTO

Aisyiyah Anjar Nugraheni Khomsun Nurhalim

Abstract


PROSES PEMBELAJARAN DALAM PEMBERDAYAAN IBU-IBU MUDA

DI HOME INDUSTRY SUSU KEDELAI SOYA BRINTO

 

Aisyiyah Anjar Nugraheni, Dr. Khomsun Nurhalim, M.Pd.

Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang

 

e-mail : [email protected], [email protected]

 

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dalam pemberdayaan ibu-ibu muda di home industry susu kedelai Soya Brinto, Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan,  dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam proses pembelajaran dalam pemberdayaan ibu-ibu muda di home industry susu kedelai Soya Brinto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 6 ibu-ibu muda, dan 1 pemilik. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran dalam pemberdayaan ibu-ibu muda di home industry susu kedelai Soya Brinto melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor penghambatnya adalah suasana hati ibu-ibu muda yang kadang kurang baik, serta kurangnya kedisiplinan ibu-ibu muda dalam pembelajaran.

Kata kunci: proses pembelajaran, pemberdayaan, home industry

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, Mustika. 2013. Makalah Pemberdayaan Masyarakat (Krimpying Yu Kas Khas Purworejo). (Online). http://tika-anggraeni.blogspot.co,id/2013/03/makalah-pemberdayaan-masyarakat.html?m=1. (Diunduh pada 29 April 2016)

Amalia, Eka. 2012. Karya Ilmiah Remaja Pembuatan Susu. (Online),http://ekaamalia29.blogspot.co.id/2014/04/karya-ilmiah-remaja-pembuatan-susu.html (Diunduh pada 2 Februari 2016)

Budiman, Arif. 2013. Pemberdayaan Wanita Tuna Susila Melalui Kecakapan Hidup (Life Skill) Keterampilan Salon Tata Kecantikan. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Volume 2 No. 2. 61-67. ISSN 2252-6331

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri A. 2012. Psikologi Pendidikan. UNNES PRESS

. 2007. Evaluasi Pembelajaran. UNNES PRESS

Sucipto, Nindri Rakhmandani. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Miskin untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Melalui Kursus Menjahit di LKP Elisa Tegal. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment Volume 4, No. 2. 136. ISSN 2252-6331.

Siswanto. 2012. Bimbingan Sosial. Semarang: FIP UNNES

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial). Bandung: PT Refika Aditama

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan. Yogyakarta: Media Pressindo

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal. Konsep Dasar, Proses Pembelajaran & Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: UNNES PRESS

Sutrisno, Noer. 2008. Menjadikan Usaha Kecil Sebagai Motor Pertumbuhan, Journal International of Business and Economic in Indonesia Vol. 1, No.1, (online), http: /Downloads/jurnal bisnis-ekonomi.html, (Diunduh pada 26 Januari 2016).

Tofani, Adhi Indra. 2012. Skripsi. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wirausaha Konveksi Gold Man di Desa Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. (tidak diterbitkan).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung