PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS KOMPUTER PADA BIDANG KEAHLIAN DI LKP ALFABANK SEMARANG
Abstract
PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS KOMPUTER PADA BIDANG KEAHLIAN DI LKP ALFABANK SEMARANG
Caturia Berliantin, Dr. Achmad Rifai RC, M.Pd
Jurusan Pendidikan Non Formal FIP Universitas Negeri Semarang
Semarang 50299, Indonesia
Email: [email protected]
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pelatihan dengan pengelolaan program kursus komputer pada bidang keahlian di LKP ALFABANK Semarang dan mendeskripsikan hasil pelatihan dengan pengelolaan program kursus komputer pada bidang keahlian di LKP ALFABANK Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu 4 orang yang terdiri dari 1 orang direktur sebagai informan dan satu orang bagian akademik. Teknik analisis data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen pelatihan kursus komputer di LKP ALFABANK memiliki tahapan yaitu perencanaan program, pelaksanaan program dan penilaian program. Perencanaan diawali dengan proses yang sistematis dalam pengambilan keputusan tentang tindakan yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, tujuan pelatihan hingga penentuan kurikulum yang akan digunakan. Proses pelatihan terdapat 3 kegiatan yang harus dilakukan yaitu kegiatan pembuka sebelum pelatihan dilaksanakan, kegiatan inti (kegiatan ini adalah kegiatan interaksi penyampain materi dari pendidik ke peserta didik), dan yang terakhir adalah kegiatan penutup (kegiatan untuk mengakhiri pelatihan). Teknik yang digunakan dalam evaluasi berupa teknik tes dan nontes. Proses pembelajaran yang telah dilaksanakan memiliki dampak yang dirasakan oleh peserta didik, hasil pelatihan dapat dirasakan melalui perubahan sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) peserta didik setelah proses pembelajaran selesai.
Kata kunci: Manajemen, Pelatihan, Pengelolaan Program
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Burhan Bungin. 2001. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Bogdan, Robert dan Taylor, Steven, J. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, 1992, Usaha Nasional. Surabaya.
Devi, V Rama. Dan Shaik Nagurvali. 2012. “Evaluating training & Development Effectiveness-A Measurement Model”. Vol. 2 No 4. International Journal of Business.
Dr. deni darmawan, S.Pd., M.Si. Teknologi Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Fakhrudin. 2011. Evaluasi Program Pendidikan Non Formal. Semarang: UNNES Press.
Krauss, Ferdinand dan Mohamed Ally. 2005. A Study of the Design and Evaluation of a Learning Object and Implications for Content Development. vol 1. Interdisciplinary Journal of Knowledge and Learning Objects.
Matin. 2013. Perencanaan Pendidikan: Perspektif Proses dan Teknik dalam Penyusunan Rencana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong J Lexy, 2001, Metodologi penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sutabri, Tata. 2005. Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Andi.
Sutarto, Joko. Manajemen Pelatihan. Ed.1, Cet.1. Yogyakarta: Deepublish, Nopember 2013.
Sutarto, Joko. 2012. Manajemen Program PNF. Semarang: UNNES
Suyoto, H. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Uno, H.B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
www.kursusnet.com (diakses 27 April 2015 19.00)
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung