EFEKTIFITAS MANAJEMEN PROGRAM PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK KESIAPAN KERJA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN NOVAL PANDEGLANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program pelatihan desain grafis di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Noval Pandeglang yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, lembaga menetapkan tujuan pelatihan berdasarkan kebutuhan pasar kerja dan minat masyarakat, serta menyusun kurikulum yang disesuaikan dengan dunia industri dan dunia kerja (IDUKA). Pelaksanaan program dilakukan melalui kelas privat dan reguler dengan rekrutmen peserta secara terstruktur. Evaluasi program mencakup penilaian terhadap pemahaman peserta, kinerja instruktur, efektivitas metode, serta kondisi sarana dan prasarana. Evaluasi dilakukan oleh tim internal dan lembaga sertifikasi eksternal (LSK). Program pelatihan ini dinilai mampu meningkatkan kompetensi peserta dalam bidang desain grafis, sehingga mereka lebih siap memasuki dunia kerja atau membangun usaha mandiri.
Kata Kunci: manajemen pelatihan, desain grafis, LKP, evaluasi program, IDUKA
Full Text:
PDFReferences
Ardina, I. (2016). Implementasi Program Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 2(1), 45–52.
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dewojati, N. T. (2009). Kajian Sastra dan Budaya Populer: Perspektif Cultural Studies. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Pelaksanaan. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Mangkunegara, A. A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkuprawira, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mazmanian, D. A., & Sabatier, P. A. (2014). Implementation and Public Policy. Lanham: University Press of America.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nastiti, A. & Ni’mal, M. (2020). Society 5.0 dan Implikasinya terhadap Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(1), 64–70.
Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2015). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Tjokroadmodjo, S. (2014). Manajemen Proyek. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v9i1.32165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung