PERAN PELATIHAN KEAHLIAN KERJA TEKSTIL DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KINERJA KARYAWAN PT. INDORAMA TEKNOLOGIES COMPLEX

Ana Rihanah, Suherman Suherman, Herlina Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses implementasi program pelatihan keahlian kerja di bidang tekstil serta pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja karyawan di PT. Indorama Teknologies Complex yang berlokasi di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan berbagai pihak terkait sebagai subjek penelitian, yaitu tim Human Resources Development (HRD), staf personalia, pelatih (trainer), dan karyawan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan berjalan cukup efektif, namun masih menghadapi hambatan dalam proses evaluasi, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya motivasi dan keterlibatan individu peserta pelatihan. Secara umum, pelatihan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja karyawan. Namun demikian, adaptasi karyawan baru terhadap lingkungan kerja masih menjadi tantangan yang perlu ditangani melalui pendekatan personal yang lebih intensif guna menciptakan kenyamanan dan keterikatan yang lebih kuat dengan perusahaan. Dari aspek pelaksanaan, materi pelatihan dinilai cukup mudah dipahami, tetapi daya serap peserta terhadap materi belum maksimal. Sementara itu, evaluasi hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mampu menguasai materi dengan baik. Kendala evaluasi lebih banyak ditemukan pada karyawan lama, yang cenderung menunjukkan resistensi dan rendahnya partisipasi. Secara keseluruhan, implementasi program pelatihan keahlian kerja tekstil di PT. Indorama Teknologies Complex dinilai telah berlangsung dengan cukup baik. Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, diperlukan sejumlah perbaikan, terutama dalam hal evaluasi pelatihan dan pendekatan terhadap peserta, guna mencetak tenaga kerja yang tidak hanya kompeten dalam bidangnya, tetapi juga profesional dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Kata kunci:Implementasi Pelatihan Keahlian Kerja Tekstil, Kinerja Karyawan, Evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Bahri, S., & dkk. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kamil, M. (2012). Pendidikan Nonformal: Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Renstra BSN. (2010-2014). Rencana Strategis Badan Standardisasi Nasional. Jakarta: BSN.

Sarif Hidayat, S. E., & M. M. (2018). Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja di PT. Indorama Synthetics Tbk. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1).

Simamora, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sudjana, D. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, D., & Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan Nonformal. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yosef, F. P., & Wismar’ein, D. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v9i1.32181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung