PENGELOLAAN PELATIHAN GARMEN APPAREL PADA UPTD BALAI LATIHAN KERJA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Pengelolaan Pelatihan Garmen Apparel pada UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi lapangan (field research). Subjek penelitian terdiri atas satu orang pengelola, satu orang instruktur dan dua orang peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data melaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan penelitian melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian pengelolaan ini adalah adanya fungsi: (1) Perencanaan Pelatihan Garmen Apparel UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang; (2) Pengorganisasian Pelatihan Garmen Apparel UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang; (3) Pelaksanaan Pelatihan Garmen Apparel UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang; (4) Pengawasan Pelatihan Garmen Apparel UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Kesimpulan pengelolaan pelatihan ini dilakukan dengan cukup baik sehingga peserta pelatihan dapat memiliki pengembangan dan peningkatan pada keterampilan menjahitnya.
Kata Kunci: Pengelolaan, Pelatihan, Balai Latihan Kerja
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., & Yuliana, L. (2008). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 11.
Badan Pusat Statistik. (2021). Februari 2021: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 6,26 persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815/februari-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-26-persen.html
Dukcapil Kemendagri. (2021). Distribusi Penduduk Indonesia Per Juni 2021: Jabar Terbanyak, Kaltara Paling Sedikit. https://dukcapil.kemendagri.go.id/
Irawan, D., & Weny. (2014). Manfaat Hasil Belajar Analisis Pemotongan dan Pemanfaatan Bahan Sebagai Kesiapan Menjadi Quality Control Cutting di Garmen (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia .
Marliani, R. (2015). Psikologi industri dan organisasi. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mix Method. Depok. PT Raja Grafindo.
Permendiknas. (n.d.). (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional). Retrieved July 15, 2022, from https://www.scribd.com/document/494978525/Pengertian-Sarana-dan-Prasarana
Salim, P., & Yenny Salim. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Modern English Press.
Siringoringo, R. H. (2012). Mengelola Peserta Diklat. https://pusdiklatwas.bpkp.go.id/
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi, Bandung: PT Refika Aditama. Awam, Jakarta: Dunia Cerdas.
Terry, G. R. (2009). Prinsip-prinsip manajemen cetakan 10. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id
Usman, H. (2006). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Widodo, E. S. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v9i1.32193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung