KESIAPAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KARTINI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI PENDIDIKAN KESETARAAN KOTA BOGOR

Nur Afriyani, Ila Rosmilawati, Ino S Rawita

Abstract


Kesiapan PKBM merujuk pada kondisi suatu lembaga yang telah memenuhi syarat untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi dokumentasi, serta kajian literatur. Informasi dikumpulkan dari sepuluh informan, terdiri dari seorang kepala PKBM, satu staf kurikulum, empat tutor Paket B, dan empat tutor Paket C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi yang digunakan PKBM dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka meliputi partisipasi dalam pelatihan, penyelenggaraan forum diskusi, kolaborasi dengan sekolah lain melalui komunitas belajar, serta pengembangan bahan ajar yang menarik; Para tutor dinilai cukup siap dalam hal pemanfaatan sumber belajar dan proses penilaian, namun masih mengalami kendala dalam pemahaman menyeluruh terhadap kurikulum dan pelaksanaannya.

Kata kunci: Strategi, Kesiapan, Tantangan, Implementasi Kurikulum Merdeka.


Full Text:

PDF

References


inovatif melalui quiziz untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 312, 587-612.

Nurhayati, dkk. (2022). Pelatihan pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) untuk meningkatkan kompetensi teknologi tutor. Jurnal Pendidikan Teknologi, 1(1), 1-10.

Partikasari, dkk. (2023). Peran sumber belajar berbasis platform merdeka mengajar dalam penerapan kurikulum merdeka di PKBM. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 47, 45-55.

Ramadhan, M. (2023). Penerapan capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka pada pendidikan kesetaraan. Jurnal Pendidikan Kesetaraan, 627, 620-633.

Susila, A. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 587, 585-598.

Asfika, A. (2023). Tantangan dalam implementasi pembelajaran berbasis projek pada kurikulum merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pendidikan, 1709, 1705-1715.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v9i2.32215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung