PERAN TBM CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MASYARAKAT DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN

Indah, Ilyas

Abstract


PERAN TBM CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MASYARAKAT DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN

 

INDAH PRASTYA MULYANI* ([email protected])

ILYAS*([email protected])

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran taman bacaan masyarakat cerdas dan kendala dalam meningkatkan minat belajar masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 1 orang kepala taman bacaan masyarakat cerdas, 1 pengelola, 3 masyarakat sebagai pengunjung dan 2 orang informan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Taman Bacaan Masyarakat Cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat antara lain berperan sebagai sumber belajar masyarakat, berperan sebagai sumber informasi masyarakat, kepala dan pengelola TBM Cerdas berperan sebagai motivator dan pembimbing masyarakat dan berperan sebagai sumber hiburan masyarakat. Kendala yang dihadapi antara lain buku bacaan dan jumlahnya yang masih terbatas, tempat penyimpanan buku yang kondisinya sudah rusak dan kurangnya dukungan serta perhatian pemerintah desa atau instansi yang terkait.

 

Kata kunci: Peran; Taman Bacaan Masyarakat; Minat belajar

References


Daftar Pustaka

Haklev, Stian. 2008. Mencerdaskan Bangsa-Suatu Pertanyaan Fenomena Taman Bacaan Di Indonesia. University of Toronto at Scarborough (dalam http://eprints.rclis.org/12294/2/Mencerdaskan_Bangsa_-_bahasa_Indonesia.pdf) diakses pada 7 September 2015

Hidayanto, Juniawan. 2012. Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Volume 1 No 2 Edisi Agustus Halaman 38.

journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/2814

Kalida, Muhsin. 2012. Strategi Networking TBM. Yogyakarta: Cakruk Publishing.

Kementrian Pendidikan Nasional Dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2012. Petunjuk Teknis dan Pengelolaan Bantuan Perluasan Dan Penguatan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

________. 2014. TBM di PKBM: Model dan Strategi Pengembangannya. Yogyakarta: Cakruk Publishing.

Rahmawati, Ratih dan Blasius Sudarsono. 2012. Perpustakaan Untuk Rakyat. Jakarta: Sagung Seto

Safitri, Wika Unun. 2013. Upaya Pengelola Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat (Studi Deskriptif Pada Anggota Taman Bacaan Masyarakat Di Skb Kersana Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Volume 2 No 2 Edisi Oktober Halaman 25. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc

Somaratna & Peiris. 2011. Service Quality in University of Colombo Libraries : an assesment. University of Colombo(International journal of Annals of Library and Information Studies vol. 58, June 2011, pp. 170-183)

http://nopr.niscair.res.in/bitstream/123456789/12188/1/ALIS%2058%282%29%20170-183.pdf diakses tanggal 25 Maret 2016

NS, Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto

_________. 2008. Membina Perpustakaan Desa. Jakarta : Sagung Seto

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES Pres

Undang-Undang No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan

Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Ydr.Doc.Dr.Zeynep Filiz. 2007. Service Quality Of University Library : A Survey Amongs Students AT Osmangazi University and Anodolu University. Eskisehir Osmargazi University, Science and Art factualy, Statistic Departement, Ekisehir, Turkey. (International Journal of Ekonometri ve istatistik say : 5 2007-6-08) http://eidergisi.istanbul.edu.tr/sayi5/iueis5m1.pdf diakses tanggal 25 Maret 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung