PERAN TBM CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MASYARAKAT DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN
Abstract
PERAN TBM CERDAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MASYARAKAT DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN
INDAH PRASTYA MULYANI* ([email protected])
ILYAS*([email protected])
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran taman bacaan masyarakat cerdas dan kendala dalam meningkatkan minat belajar masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 1 orang kepala taman bacaan masyarakat cerdas, 1 pengelola, 3 masyarakat sebagai pengunjung dan 2 orang informan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Taman Bacaan Masyarakat Cerdas dalam meningkatkan minat belajar masyarakat antara lain berperan sebagai sumber belajar masyarakat, berperan sebagai sumber informasi masyarakat, kepala dan pengelola TBM Cerdas berperan sebagai motivator dan pembimbing masyarakat dan berperan sebagai sumber hiburan masyarakat. Kendala yang dihadapi antara lain buku bacaan dan jumlahnya yang masih terbatas, tempat penyimpanan buku yang kondisinya sudah rusak dan kurangnya dukungan serta perhatian pemerintah desa atau instansi yang terkait.
Kata kunci: Peran; Taman Bacaan Masyarakat; Minat belajar
References
Daftar Pustaka
Haklev, Stian. 2008. Mencerdaskan Bangsa-Suatu Pertanyaan Fenomena Taman Bacaan Di Indonesia. University of Toronto at Scarborough (dalam http://eprints.rclis.org/12294/2/Mencerdaskan_Bangsa_-_bahasa_Indonesia.pdf) diakses pada 7 September 2015
Hidayanto, Juniawan. 2012. Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Volume 1 No 2 Edisi Agustus Halaman 38.
journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/2814
Kalida, Muhsin. 2012. Strategi Networking TBM. Yogyakarta: Cakruk Publishing.
Kementrian Pendidikan Nasional Dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2012. Petunjuk Teknis dan Pengelolaan Bantuan Perluasan Dan Penguatan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
________. 2014. TBM di PKBM: Model dan Strategi Pengembangannya. Yogyakarta: Cakruk Publishing.
Rahmawati, Ratih dan Blasius Sudarsono. 2012. Perpustakaan Untuk Rakyat. Jakarta: Sagung Seto
Safitri, Wika Unun. 2013. Upaya Pengelola Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat (Studi Deskriptif Pada Anggota Taman Bacaan Masyarakat Di Skb Kersana Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Volume 2 No 2 Edisi Oktober Halaman 25. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc
Somaratna & Peiris. 2011. Service Quality in University of Colombo Libraries : an assesment. University of Colombo(International journal of Annals of Library and Information Studies vol. 58, June 2011, pp. 170-183)
http://nopr.niscair.res.in/bitstream/123456789/12188/1/ALIS%2058%282%29%20170-183.pdf diakses tanggal 25 Maret 2016
NS, Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto
_________. 2008. Membina Perpustakaan Desa. Jakarta : Sagung Seto
Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES Pres
Undang-Undang No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Ydr.Doc.Dr.Zeynep Filiz. 2007. Service Quality Of University Library : A Survey Amongs Students AT Osmangazi University and Anodolu University. Eskisehir Osmargazi University, Science and Art factualy, Statistic Departement, Ekisehir, Turkey. (International Journal of Ekonometri ve istatistik say : 5 2007-6-08) http://eidergisi.istanbul.edu.tr/sayi5/iueis5m1.pdf diakses tanggal 25 Maret 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung