PENYELENGGARAAN PROGRAM KURSUS MUSIK (STUDI PADA LEMBAGA LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG)

Indah, Achmad Rifai

Abstract


PENYELENGGARAAN PROGRAM KURSUS MUSIK

(STUDI PADA LEMBAGA LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG)

 

Indah Dwi Astorini, Achmad Rifai

 

Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang

e-mail : [email protected], [email protected]

 

Abstrak:

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program kursus musik LKP Lily’s Music School Semarang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah tutor/instruktur, warga belajar, pemilik, dan kepala administrasi. Fokus penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kursus musik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, teori, dan metode. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan program LKP Lily’s Music School Semarang meliputi:Perencanaan meliputi tutor ahli di bidangnya, kurikulum dibuat sendiri, sarana prasarana memadai, dan anggaran dana dikelola secara ordonator; Pelaksanaan meliputi pembelajaran fleksibel dan sistematis, iklim pembelajaran kondusif, interaksi sosial berlangsung baik, media pembelajaran sesuai kebutuhan, stimulus berupa reward and punishment, monitoring dilakukan secara internal dan eksternal, supervisi belum terealisasi; Evaluasi  menggunakan formative-sumative evaluation model.

Kata kunci: pendidikan, kursus musik, dan penyelenggaraan program

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdulhak, Ishak. 2012. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: Rajawali Pers.

Amirin, Tatang M. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Egbezor, D.E. June 2008. “Non-Formal Education as a Tool to Human Resource Development: An Assessment”. Port Harcourt: International Journal of Scientific Research in Education Volume 1(1), 26-40. ISSN: 1117. 3259.

Fuad, Nurhattati. 2014. Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Konsep dan Strategi Implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Herlinda, Siti; Hidayat, Sholeh; & Djumena, Irwan. 2017. Manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol 1(1) hal 1-9.

Herwina, Wiwin. 2017. Evaluasi penyelenggaraan pembinaan pelatihan keterampilan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Yuwita Tasikmalaya. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol 1 (1) hal 75-86.

Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Miller, Hugh M. 2001. Apresiasi Musik. Yogyakarta: Yayasan Lentera Budaya.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhalim, Khomsun. 2012. Strategi Pembelajaran Non Formal. Semarang: UNNES Press.

Rifa’i, Achmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press.

_____________. 2015. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sasaki, Shiori. March 2010. “Impression-oriented musik courseware and its application in elementary schools”. Japan: Interactive Technology and Smart Education. Volume 7. No.2. pp. 85-10.

Sudaryat, Yayat. (2010). Manajemen Pelatihan. Artikel. Diunduh di http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._Pend._Bahasa_Daerah/196302101987031yayat_Sudaryat/Mkl_Bind/Manajemen_Pelatihan.Pdf pada tanggal 15 Februari 2016 pukul 09.59 WIB.

Sudjana, Djudju. 2000. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Sudjana, Djudju. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjarwo. 2011. Dinamika Kelompok. Bandung: CV. Mandar Maju.

Suprijanto. 2008. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Sutomo. 2012. Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES Press.

Undang-Undang No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wartanto. 2007. “Model Pengelolaan Kursus Keterampilan Berbasis Life Skill: Dengan Menerapkan Prosedur Mutu Di Sanggar Kegiatan Belajar. Disertasi. Semarang: Manajemen Pendidikan UNNES.

Umnia, Yuni Hawari. 2010. “Pengaruh Bakat Musik Terhadap Hasil Belajar Sains Pada Siswa Kelas VIII SMP N 24 Semarang”. Skripsi. Semarang: Sendratasik FBS UNNES.

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung